Analisis learning trajectory siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmaturrohmah, Deny (2018) Analisis learning trajectory siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Deny Nikmaturrohmah_D74214029.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Strategi atau cara yang digunakan oleh siswa dalam memecahkan masalah matematika cukup beragam. Hal ini mendorong peneliti untuk mengkaji lebih jauh tentang learning trajectory siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripikan: (1) Learning trajectory siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar visual; (2) Learning trajectory siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar auditori dan (3) Learning trajectory siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Surabaya dan menggunakan 6 subjek dengan 2 masing-masing gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui lembar angket, tes soal, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan antara lain analisis tes tulis soal learning trajectory dan analisis hasil wawancara. Hasil penelitian ini adalah: (1) Learning trajectory siswa dengan gaya belajar visual dimulai dari membuat model dengan gambar kemudian mencari setiap unsur yang belum diketahui melalui ilustrasi; (2) Learning trajectory siswa dengan gaya belajar auditori dimulai dari mengungkapkan masalah dengan lisan, membuat model dengan gambar dan melakukan rencana penyelesaian dengan banyak kata-kata dalam tulisan dan (3) Learning trajectory siswa dengan gaya belajar kinestetik dimulai dari membuat model dengan gambar kemudian mencari penyelesaian dengan media bantu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmaturrohmah, Denydnichmatul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Learning Trajectory, Alur belajar, Pemecahan masalah matematika, gaya belajar Learning Trajectory, Alur belajar, Pemecahan masalah matematika, gaya belajar Learning Trajectory, Alur belajar, Pemecahan masalah matematika, gaya belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nikmaturrohmah Deny
Date Deposited: 14 Aug 2018 03:24
Last Modified: 14 Aug 2018 03:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27358

Actions (login required)

View Item View Item