صدق المحتوى والتنبؤ لاختبار القبول لطلاب جامعة سونن أمبيل نحو إنجاز طلاب قسم تعليم اللغة العربية بكلية التربية و التعليم سنة 2016-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Bintan Sholihatal (2018) صدق المحتوى والتنبؤ لاختبار القبول لطلاب جامعة سونن أمبيل نحو إنجاز طلاب قسم تعليم اللغة العربية بكلية التربية و التعليم سنة 2016-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Bintan Sholihatal Maulida_D02214003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam evaluasi pendidikan tes merupakan hal yang penting guna mengukur kemampuan siswa. Suatu tes dikatakan layak digunakan jika memenuhi kriteria tes yang baik, salah satu kriteria tes yang baik ialah valid yang berarti tes tersebut mampu mengukur apa yang perlu diukur. Hal ini sangat penting dan harus diperhatikan oleh seorang penguji sehingga dapat memberikan tes yang baik bagi testeenya. Begitu juga dengan tes Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Ampel Surabaya yang menjadi tolak ukur kelulusan peserta yang digunakan untuk menentukan keberhasilan calon siswa untuk masuk instansi pendidikan tersebut dan memprediksi bahwa siswa mampu berprestasi dalam suatu instansi tersebut, maka tes ini perlu diuji kelayakannya dengan menganalisi butir soalnya. Dengan demikian tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana validitas soal ujian masuk bagi calon mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, dari tujuan utama tersebut dapat diketahui : (1) Validitas Isi soal ujian Masuk materi Bahasa Arab UIN Sunan Ampel, (2) prestasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang lolos dalam seleksi ujian Mandiri tahun 2016, (3) dan Validitas Prediksi soal ujian Masuk materi Bahasa Arab UIN Sunan Ampel. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, untuk memperoleh data mengenai validitas soal penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan contenst analisi. Setelah data-data tersebut dianalisis, penulis menyimpulkan bahwa: (1) soal dalam Ujian seleksi penerimaanmahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya telah valid dalam segi validitas isi, karena dari 38 butir soal hanya terdapat 6 soal yang tidak sesuai dan terdapat kesalahan dari segi penulisan kalimat (2) nilai mata kuliah kebahasaan yang didapatkan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab setelah melewati jangka waktu satu semester secara garis besar keseluruan dari mereka melewati batas nilai ketidak lulusan, dalam kata lain keseluruhan dari mereka lulus pada masing-masing mata kuliah kebahasaan (3) Adapun dilihat dari derajat prediksinya soal ujian bahasa Arab pada tes mandiri mencapai derajat 0.619 yang berarti memiliki tingkat kevalidan yang tinggi namun lebih mendekati pertengahan dalam memprediksi prestasi mahasiswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Bintan Sholihatalbintansholihah34@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Validitas Isi; Validitas Prediksi; Ujian Masuk; Prestasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maulida Bintan Sholihatal
Date Deposited: 14 Aug 2018 03:56
Last Modified: 14 Aug 2018 03:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27356

Actions (login required)

View Item View Item