Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model Means Ends Analysis (MEA) dengan strategi Process Log untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Rossy Nur (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model Means Ends Analysis (MEA) dengan strategi Process Log untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rossy Nur Aisyah_D94214110.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa di MTs Negeri 1 Sidoarjo masih belum memperlihatkan hasil yang memuaskan. Hal ini terlihat dari kurangnya kemampuan siswa dalam menerjemahkan masalah kehidupan sehari-hari kedalam model matematika, pada saat pembelajaran kurang aktif sehingga siswa jarang mengkomunikasikan ide-idenya dll. Oleh karena itu harus ada pembelajaran yang dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa. Melalui model MEA dan strategi Process Log ini, siswa akan diajak untuk berperan aktif dalam pembelajaran dan dapat mengkomunikasikan idenya baik secara lisan ataupun tulisan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Plomp. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada 26 siswa kelas VII A MTs Negeri 1 Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui data validasi ahli, tes, angket dan observasi. Penelitian ini dikatakan bagus/berhasil apabila perangkat pembelajaran yang di kembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, efektif dan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis. Data penelitian dianalisis dan memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Kevalidan RPP berkategori valid dengan rata-rata penilaian 4,42 dan kevalidan LKS berkategori valid dengan rata-rata penilaian 4,35; 2) Masing-masing perangkat pembelajaran tersebut dinilai praktis oleh ahli dengan penilaian B untuk masing-masing perangkat pembelajaran, yang berarti perangkat pembelajaran tersebut dapat digunakan dengan sedikit revisi; 3) Keefektifan meliputi aktivitas siswa berkategori efektif karena persentase aktivitas siswa tergolong aktif adalah 96,9 % dan yang tergolong pasif 3,1 %, keterlaksanaan sintaks berkategori efektif, karena selama dua kali pertemuan masuk dalam kategori sangat baik, respon siswa juga posistif karena sebanyak 86,2% siswa dan 87,8 % menyatakan respon positif pada pelaksanaan pembelajaran dan LKS; 4) Kemampuan komunikasi tulis dan lisan siswa mengalami peningkatan dari sebelumnya, hal ini terlihat setelah di uji dengan menggunakan Uji Wilcoxon.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Rossy Nurrossyaisyah403@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Komunikasi
Uncontrolled Keywords: Model MEA; Strategi Process Log; Komunikasi Matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aisyah Rossy Nur
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:19
Last Modified: 14 Aug 2018 05:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27350

Actions (login required)

View Item View Item