Perbedaan kemampuan berpikir Reflektif Matematis siswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah CUBES, STAR, dan RAVE CCC

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Toyyibah, Asrotut (2018) Perbedaan kemampuan berpikir Reflektif Matematis siswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah CUBES, STAR, dan RAVE CCC. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Asrotut Toyyibah_D94214094.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan stategi pemecahan masalah CUBES; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan stategi pemecahan masalah STAR; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan stategi pemecahan masalah RAVE CCC; (4) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa antara siswa yang diajar strategi pemecahan masalah CUBES, STAR, dan RAVE CCC. Penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain posttest three experimental group design ini melibatkan 74 siswa sebagai sampel. Teknik cluster random sampling digunakan untuk mengambil sampel sebanyak tiga dari empat kelas. Kelas A sebagai kelas ekperimen CUBES, kelas B sebagai kelas eksperimen STAR, dan kelas D sebagai kelas eksperimen RAVE CCC. Setelah 2 kali proses treatment, masing-masing kelas diberikan tes akhir (posttest) untuk mengukur kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (1) kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah CUBES diperoleh rata-rata skor tes sebesar 22,423 dengan standar deviasi sebesar 3,11; (2) kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah STAR diperoleh rata-rata skor tes sebesar 22,347 dengan standar deviasi sebesar 2,534; (3) kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah RAVE CCC diperoleh rata-rata skor tes sebesar 22,600 dengan standar deviasi sebesar 2,25; (4) tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa antara kelompok kelas CUBES, STAR, ataupun RAVE CCC. Atau dengan kata lain H_0 yang diajukan dengan pernyataan tidak ada perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan strategi pemecahan masalah CUBES, STAR, dan RAVE CCC diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Toyyibah, Asrotutasrotuttoyyibah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Berpikir Reflektif; CUBES; STAR; RAVE CCC
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Toyyibah Asrotut
Date Deposited: 14 Aug 2018 01:44
Last Modified: 14 Aug 2018 01:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27344

Actions (login required)

View Item View Item