Kemampuan komunikasi matematis dalam kelompok Teman Sebaya ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa Kelas IX MTs Tanada pada materi Aljabar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafaati, Anifah (2018) Kemampuan komunikasi matematis dalam kelompok Teman Sebaya ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa Kelas IX MTs Tanada pada materi Aljabar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anifah Syafaati_D04214002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah proses menyampaikan ide-ide matematika dan memahaminya, baik secara lisan maupun tertulis. Kelompok teman sebaya mempunyai pengaruh besar untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal akan lebih mampu memahami kemampuan dalam mengomunikasikan ide matematisnya saat menyelesaikan masalah aljabar. Banyak penekanan simbolis dan struktural dalam aljabar yang menuntut pengalaman siswa dengan kemampuan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran yang terperinci mengenai kemampuan komunikasi matematis dalam kelompok teman sebaya ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa kelas IX MTs TANADA pada materi aljabar.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa, masing-masing 1 siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi, sedang, dan rendah. Pemilihan subjek tersebut dilakukan dengan memberikan tes kecerdasan interpersonal. Untuk memperoleh data penelitian, ketiga subjek diberikan tes masalah aljabar untuk melihat kemampuan komunikasi matematis tulisnya. Setelah diberikas tes masalah aljabar kemudian subjek dikelompokkan untuk mengomunikasikan hasil pengerjaan masalah aljabar untuk melihat kemampuan komunikasi matematis lisannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dalam menyelesaikan masalah aljabar nomor 1 memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis tingkat 5 dan menempati tingkat 5 untuk nomor 2. Sedangkan subjek dengan kecerdasan interpersonal tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis lisan pada tingkat 5. Subjek yang memiliki kecerdasan interpersonal sedang dalam menyelesaikan masalah aljabar nomor 1 memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis tingkat 4 dan menempati tingkat 3 untuk nomor 2. Sedangkan subjek dengan kecerdasan interpersonal sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis lisan pada tingkat 4. Subjek yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah dalam menyelesaikan masalah aljabar nomor 1 memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis tingkat 3 dan menempati tingkat 3 untuk nomor 2. Sedangkan subjek dengan kecerdasan interpersonal rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis lisan pada tingkat 3.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafaati, Anifahsyafa145@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Psikologi
Uncontrolled Keywords: Aljabar; kecerdasan interpersonal; komunikasi matematis; kelompok teman sebaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Syafaati Anifah
Date Deposited: 13 Aug 2018 06:35
Last Modified: 13 Aug 2018 06:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27338

Actions (login required)

View Item View Item