تأثير طريقة "منهجي" لترقية مهارة القراءة لدى الطلاب بمدرسة مطالع الأنوار العالية الدينية كرانجغننج لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naja, Anik Faiqotun (2018) تأثير طريقة "منهجي" لترقية مهارة القراءة لدى الطلاب بمدرسة مطالع الأنوار العالية الدينية كرانجغننج لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anik Faiqotun Naja_D92214079.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa yang harus dimiliki siswa dalam belajar bahasa Arab. Kita mengetahui bahwa keterampilan membaca merupakan hal yang sangat urgen dalam mempelajari bahasa kerena membaca merupakan jantung pendidikan. Terpilihnya judul tersebut dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan membaca bahasa Arab. Diantara problem-problem yang menyebabkan kemampuan membaca antara lain : pada realitanya mereka kurang memahami makna dan mereka lemah dalam menggunakan lahjah saat membaca teks bacaan dan serta metode yang digunakan kurang bervariasi mengakibatkan siswa-siswi merasa bosan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan keterampilan membaca, penulis menggunakan metode pembelajaran yaitu manhaji. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana kemampuan keterampilan membaca kelas X MAK MA Matholi’ul Anwar Lamongan?, 2. Bagaimana penggunaan metode pembelajaran Manhaji untuk meningkatkan keterampilan membaca kelas X MAK MA Matholi’ul Anwar Lamongan?, 3. Bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran Manhaji untuk meningkatkan keterampilan membaca kelas X MAK MA Matholi’ul Anwar Lamongan?. Dalam permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan rumus Uji T dan rumus Prosentase. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran manhaji berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas X MAK MA Matholi’ul Anwar Lamongan dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini bisa kita lihat dari nilai to 17,45 lebih besar dari pada tt 2,028. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh metode Manhaji untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas X Keagamaan MA Matholi’ul Anwar Karanggeneng Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naja, Anik Faiqotunanikfaiqotunnaja@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Manhaji; Keterampilan Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Naja Anik Faiqotun
Date Deposited: 13 Aug 2018 07:20
Last Modified: 13 Aug 2018 07:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27336

Actions (login required)

View Item View Item