Pengembangan media scaffolding mandiri menggunakan adobe flash CS6 pada materi sistem persamaan linear dua variabel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akmalia, Nela (2018) Pengembangan media scaffolding mandiri menggunakan adobe flash CS6 pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nela Akmalia_D94214082.pdf

Download (6MB)

Abstract

Banyak siswa belum mampu menguasai aljabar dengan baik, salah satunya pada materi sistem persaman linear dua variabel (SPLDV). Diantara penyebabnya adalah ketidakmampuan guru untuk memahamkan seluruh siswa dalam satu kelas dikarenakan banyaknya keterbatasan, seperti sedikitnya waktu yang diberikan, jumlah siswa yang terlalu banyak, serta keluasan materi yang harus disampaikan. Sehingga diperlukan alat yang mampu memfasilitasi siswa saat melakukan belajar diluar kelas atau belajar mandiri. Dalam penelitian ini dikembangkan media yang dapat memberikan scaffolding pada kegiatan belajar mandiri siswa. Media tersebut diberi nama media scaffolding mandiri. Scaffolding yang digunakan mengacu pada teori scaffolding Anghilery. Penelitian ini menjawab rumusan masalah bagaimana proses pengembangan, kevalidan, keparaktisan, dan keefektifan media scaffolding mandiri. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mndeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, keparaktisan, dan keefektifan media scaffolding mandiri. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan yang dikemukakan oleh Cathie Sherwood dan Terry Rout. Uji coba dilakukan pada 6 siswa kelas VIII-A di MTsN 1 Sidoarjo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar catatan lapangan (field note), lembar angket respon, lembar soal tes, lembar pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar validasi yang isi oleh satu validator media, dua validator materi, dan satu validator instrumen. Data penelitan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menujukkan bahwa: 1) Proses pengembangan media scaffolding mandiri dilakukan dalam lima tahap dari enam tahapan model pengembangan Cathie Sherwood dan Terry Rout, yaitu initiation, specifications, design, production, dan review and evaluation, 2) Hasil pengembangan media scaffolding mandiri masuk dalam kategori “valid” dengan nilai rata-rata 4,5, 3) Media scaffolding mandiri dinilai praktis secara teori karena validator ahli media dan validator ahli materi memberikan nilai akhir yang berkisar antara A dan B, sedangkan secara praktik media scaffolding mandiri juga dinilai praktis dikarenakan mendapat respon positif dari pengisian angket respon siswa pada aspek penggunaan media dengan rata-rata nilai 80.09%, 4) media scaffolding mandiri masuk dalam kategori “efektif” karena mendapatkan respon positif dengan rata-rata respon 75,93% pada aspek belajar mandiri, memenuhi semua indikator scaffolding, dan persentase ketuntasan siswa melebihi batas minimum yang ditetapkan, yaitu 83,33%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akmalia, Nelanela.akmalia96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Mandiri
Matematika
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Scaffolding Mandiri menggunakan Adobe Flash CS6 pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Akmalia Nela
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:18
Last Modified: 14 Aug 2018 02:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27333

Actions (login required)

View Item View Item