Penerapan model pembelajaran Contextual teaching and learning (ctl) dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan pecahanPada siswa kelas v MI Miftahul Ulum Tlogoagung Kembangbahu Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Riris (2018) Penerapan model pembelajaran Contextual teaching and learning (ctl) dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan pecahanPada siswa kelas v MI Miftahul Ulum Tlogoagung Kembangbahu Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Riris Sholihah_D97214096.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran kurang inovatif dan siswa kurang suka belajar matematika karena matematika sulit. Banyak siswa yang belum mampu melakukan operasi hitung pecahan pada mata pelajaran matematika sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelumnya hanya 42,85% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu peneliti melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam rangka meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan pecahan pada mata pelajaran Matematika kelas V MI Miftahul Ulum Tlogoagung Lamongan? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan pecahan mata pelajaran Matematika kelas V MI Miftahul Ulum Tlogoagung Lamongan, setelah diterapkannya model pembelajaran CTL?Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tlogoagung Lamongan. 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan pecahan mata pelajaran Matematika kelas V di MI Miftahul Ulum Tlogoagung Lamongan dengan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning).Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Ulum Tlogoagung Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berjalan baik karena dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada penelitian ini diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 87,17 (Baik) meningkat menjadi 96,7 (Sangat baik) pada siklus II. Perolehan nilai hasil observasi siswa pada siklus I 71,55 (Cukup) meningkat menjadi 95,6 (Sangat Baik) pada siklus II. 2) Data hasil belajar siswa pada pra siklus memiliki prosentase 43% dengan rata-rata 65,2 (Cukup), dan terjadi peningkatan pada siklus I dengan perolehan prosentase 71% dan rata-rata 67,1 (Cukup), meningkat pada siklus II dengan prosentase 86% (Baik) dan rata-rata 83,3 (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Ririsririssholihah25@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Contextual Teaching and Learning
Matematika
Keywords: Kemampuan Operasi Hitung Siswa, Pecahan, Matematika, Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sholihah Riris
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:35
Last Modified: 15 Aug 2018 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27330

Actions (login required)

View Item View Item