Pengembangan multiplayer game untuk melatihkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naryaningsih, Putri Dwi (2018) Pengembangan multiplayer game untuk melatihkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Dwi Naryaningsih_D74214043.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis siswa di Indonesia rendah. Salah satu faktor rendahnya kemampuan koneksi matematis adalah karena siswa tidak menyukai matematika atau telah terjadi disposisi negatif terhadap matematika. Untuk mengatasi disposisi negatif perlu dikembangkan aspek afektif yang mendukung aspek kognitif siswa. Salah satu aspek afektif yang perlu untuk dikembangkan adalah disposisi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah multiplayer game yang mampu melatihkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis. Proses pengembangan multiplayer game ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan prototype dan fase penilaian. Subjek penelitian ini adalah 8 orang siswa MTs Negeri 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, validasi ahli, tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data proses pembuatan multiplayer game yang meliputi 3 tahapan yaitu preproduction, production, dan postproduction. Kemudian hasil validasi para ahli validator menghasilkan rata-rata kevalidan sebesar 91,4, rata-rata kepraktisan secara teori yang diberikan oleh para validator dengan abjad A atau dapat digunakan tanpa revisi, sementara kepraktisan secara praktik yang di dapatkan melalui angket respons siswa mendapatkan presentase 92,3%. Keefektifan multiplayer game di dapatkan melalui dua penilaian yakni tes koneksi matematis dan angket disposisi matematis. Pada tes koneksi matematis dari 8 orang siswa, 3 siswa memiliki koneksi matematis kategori ‘sedang’ sementara 5 siswa lainnya berada pada kategori koneksi matematis ‘tinggi’. Selanjutnya untuk hasil disposisi matematis siswa melalui angket disposisi yang disebarkan, 5 orang mendapatkan disposisi ‘baik’ sementara 3 orang lainnya termasuk kedalam disposisi ‘sangat baik’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naryaningsih, Putri Dwinaryaputri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Teknologi
Uncontrolled Keywords: Disposisi Matematis; Koneksi Matematis; Multiplayer Game
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Naryaningsih Putri Dwi
Date Deposited: 13 Aug 2018 06:49
Last Modified: 13 Aug 2018 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27301

Actions (login required)

View Item View Item