Pengembangan perangkat pembelajaran model PBL-strategi SQRQCQ untuk melatih literasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Atmim Lana (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran model PBL-strategi SQRQCQ untuk melatih literasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Atmim Lana Fauziyah_D94214095.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model PBL-Strategi SQRQCQ untuk melatih kemampuan literasi matematis siswa yang valid, praktis, dan efektif, serta mengetahui kemampuan literasi matematis siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pembuatan prototype (prototype phase), dan fase penilaian (Assesment Phase). Uji coba terbatas dilakukan pada 28 siswa kelas VIII-A MTs. Negeri 1 Sidoarjo pada tanggal 7-10 Mei 2018. Data yang diperoleh selama penelitian adalah data catatan lapangan, data validasi perangkat pembelajaran, data keterlaksanaan sintaks, data aktivitas siswa, data respon siswa, dan data kemampuan literasi matematis siswa. Dari analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: MTsN. 1 Sidoarjo menggunakan kurikulum 2013 edisi revisi 2017, karena penelitian ini dilakukan pada topik penerapan Teorema Phytagoras, maka digunakan KD 4.5 pada semester II kelas VIII . Kevalidan perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan RTV RPP sebesar 4,40 dan RTV LKS sebesar 4,39. Kepraktisan RPP dan LKS dinyatakan “praktis” dengan rerata penilaian “A” yang berarti dapat digunakan tanpa revisi. Penerapan pembelajaran dinyatakan “efektif”, karena persentase aktivitas siswa aktif dalam pembelajaran sebesar 93,4%; kemampuan guru melaksanakan sintaks pembelajaran “sangat baik” dengan rerata sebesar 3,54 ; respon positif siswa sebesar 81,36%. Sebelum diberikan pembelajaran model PBL-Strategi SQRQCQ, literasi matematis siswa masih rendah, yang terlihat dari masih kurangnya kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuannya, melakukan penalaran, representasi, serta beragrumentasi matematis. Setelah diberikan pembelajaran model PBL-Strategi SQRQCQ, siswa telah mampu menganalisis situasi matematis dengan tepat, melakukan representasi matematis, mampu menyelesaikan masalah, membuat argumentasi matematis yang logis, membuat model matematika, serta melakukan operasi hitung dengan tepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Atmim Lanaatmimpart2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: PBL, SQRQCQ, Literasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fauziyah Atmim Lana
Date Deposited: 13 Aug 2018 02:58
Last Modified: 13 Aug 2018 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27299

Actions (login required)

View Item View Item