Kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi dan kemampuan metakognisi terhadap kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astutik, Siska Puji (2018) Kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi dan kemampuan metakognisi terhadap kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siska Puji Astutik_D94214111.pdf

Download (6MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai bidang kehidupan dan membantu mengembangkan kemampuan atau daya berpikir manusia. Salah satu kemampuan yang dapat meningkatkan daya berpikir manusia adalah kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan penelitian sebelumnya kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh kemampuan koneksi, kemampuan representasi dan kemampuan metakognisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi dan kemampuan metakognisi terhadap kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling dan diperoleh sampel kelas VIII-C yang terdiri dari 33 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) besarnya kontribusi pengaruh langsung kemampuan koneksi (X_1) terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) adalah 39%. (2) Besarnya kontribusi pengaruh tidak langsung kemampuan koneksi (X_1) terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) melalui kemampuan representasi (X_2) adalah 9,724%. (3) Besarnya kontribusi pengaruh tidak langsung kemampuan koneksi (X_1) terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) melalui kemampuan metakognisi (X_3) adalah 0%, hal ini dikarenakan variabel kemampuan metakognisi tidak signifikan sehingga tidak memberikan kontribusi. (4) Besarnya kontribusi pengaruh langsung kemampuan representasi (X_2) terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) adalah 60%. (5) Besarnya kontribusi pengaruh tidak langsung kemampuan representasi (X_2) terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) melalui kemampuan metakognisi (X_3) adalah 8,579%. (6) Besarnya kontribusi pengaruh langsung kemampuan metakognisi (X_3) terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) adalah 35%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astutik, Siska PujiPuji_siska@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi; Kemampuan Representasi; Kemampuan Metakognisi; Kemampuan Berpikir Kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Astutik Siska Puji
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:56
Last Modified: 13 Aug 2018 04:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27292

Actions (login required)

View Item View Item