Analisis berpikir relasional siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dalam menyelesaikan masalah matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Hilmi Lailatul (2018) Analisis berpikir relasional siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dalam menyelesaikan masalah matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hilmi Lailatul Masruroh_D74214060.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Max Stephens menyatakan bahwa berpikir relasional adalah kemampuan mengungkapkan pemahaman pada objek yang terlibat, bahwa pemecahan masalah yang digunakan dapat bersifat umum, pemahaman tersebut mengenai equivalence dan compensation. Berpikir relasional dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu established relational thinking, consolidating relational thinking, emerging relational thinking. Ketiga kategori tersebut memiliki indikatornya masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara terperinci mengenai kategori berpikir relasional dalam menyelesaikan masalah matematika terutama pada subjek dengan gaya berpikir sekuensial abstrak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini berawal dari kelas VII-B MTs Negeri 1 Sidoarjo yang terdiri dari 32 siswa setelah itu subjek penelitian diberikan angket gaya berpikir model Gregorc untuk menentukan gaya berpikir sekuensial abstrak. Terdapat 3 siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak. Setelah itu subjek diberikan tes berpikir relasional dan wawancara berbasis tugas. Tes berpikir relasional dan wawancara dianalisis sesuai dengan indikator berpikir relasional. Hasil penelitian menunjukkan berpikir relasional siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dalam menyelesaikan masalah matematika dapat memenuhi semua indikator berpikir relasional kategori established relational thinking, tidak memenuhi indikator kategori berpikir relasional consolidating relational thinking dan emerging relational thinking. Jadi berpikir relasional siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak masuk dalam kategori berpikir relasional kategori established relational thinking.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Hilmi Lailatulhilmimasruroh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Uncontrolled Keywords: Analisis berpikir relasional; Gaya berpikir sekuensial abstrak; Menyelesaikan masalah matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Masruroh Hilmi Lailatul
Date Deposited: 13 Aug 2018 02:44
Last Modified: 13 Aug 2018 02:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27291

Actions (login required)

View Item View Item