Pengaruh program intensif belajar Kitab Akhlakul lil Banin terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Krian Sidoarjo

Rohmah, Mutiara Lailatur (2018) Pengaruh program intensif belajar Kitab Akhlakul lil Banin terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mutiara Lailatur Rohmah_D91214096.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengangkat tentang pengaruh Program Intensif Belajar kitab Akhlakul lil Banin, Hasil Belajar Akidak Akhlak, MTs Negeri Krian Sidoarjo. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh munculnya Program Intensif Belajar tentang kitab akhlakul lil Banin sebagai alternative untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran akidah akhlak sekaligus dalam upaya pembenahan akhlak siswa madrasah. Sebagai upaya untuk menjawab hal tersebut maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya dan seberapa besar program intensif belajar tentang kitab akhlakul lil banin mempengaruhi hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Krian Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Reponden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. terdapat dua variabel penelitian yaitu program intensif belajar tentang kitab akhlakul lil banin dan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran akidah akhlak. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan program intensif belajar tentang kitab akhlakul lil banin di MTs Negeri Krian Sidoarjo berada pada kategori sangat baik, karena prosentase terbanyak yang diperoleh adalah sebesar 89,7% berada di kategori sangat baik. (2) Tingkat hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri Krian Sidoarjo berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis bahwa nilai rata-rata raport siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak sebesar 85,31 (3) Berdasarkan besarnya prosentase 42% pengaruh program intensif belajar tentang kitab akhlakul lil banin terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran akidah akhlak menandakan bahwa pelaksanaan program tersebut sangat kuat untuk memprediksi perkembangan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran akidah akhlak di MTsN Krian Sidoarjo. Sisanya 58% dapat didukung oleh faktor lain-lain seperti lingkungan keluarga, masyarakat, pergaulan, dan lain sebagainya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Tolchah, Moch.
Uncontrolled Keywords: Program Intensif Belajar kitab Akhlakul lil Banin; Hasil Belajar Akidak Akhlak kelas VIII; MTs Negeri Krian Sidoarjo
Subjects: Agama
Akhlak
Metode Pembelajaran
Al Qur'an
Wajib Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohmah Mutiara Lailatur
Date Deposited: 13 Aug 2018 08:00
Last Modified: 13 Aug 2018 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27273

Actions (login required)

View Item View Item