Praktik penanganan pengobatan tradisional K.H. Amiruddin Mu'in: studi analisis dari sisi Mistis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kirom, Nuril (2018) Praktik penanganan pengobatan tradisional K.H. Amiruddin Mu'in: studi analisis dari sisi Mistis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nuril Kirom_E01213065.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang praktek K.H. Amiruddin Mu’min. Skripsi ini membahas bahwa nilai-nilai dari manfaat ilmu yang bersifat mistis. K.H. Amiruddin Mu’in sendiri mengajarkan manusia agar selalu mendekatkan diri kepada Allah. Di zaman modern ini, sering dijumpai masalah-masalah penyakit yang irasional. Maksudnya adalah penyakit ini tidak bisa diobati secara medis. Sebagai contoh penyakit karena guna-guna, kesurupan dan lain sebagainya. Untuk itu, K.H. Amiruddin Mu’in mengamalkan ilmunya yang didapat dari guru-gurunya kepada para pasiennya untuk selalu sabar, membaca al-Qur’an, bancaan, sedekah dan puasa. Dengan mengamalkan ilmu-ilmu tersebut, diharapkan pasien-pasien terhindar dari penyakit yang bersifat mistis. Mistis adalah sesuatu yang tidak bisa ditangkap oleh panca indera. Mengenai hal ini, K.H Amiruddin Mu’in menganjurkan untuk berpuasa. Puasa adalah menahan hawa nafsu dan juga menahan untuk tidak makan dan minum dari waktu subuh sampai terbenam matahari. Selain itu, K.H Amiruddin Mu’in juga menganjurkan untuk selalu membaca al-Qur’an. Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi semua ummat. Pengobatan alternatif termasuk juaga dalam bagaian dari kebudayaan jawa. Dari pendapat seorang jawa penyebab persoalan ini berpengaruh terhadap hal ghaib, kepercayaan dunia gaib itu terkait dengan kepercayaan mistik yang populer di masyarakat jawa. Tujuan study lapangan ini yang terutama untuk mendapat pengertian dengan teliti pengobatan alternatif tradisional yang hubungannya terkait dengan yang ghaib.di samping tujuan itu di harapkan mendapat wawasan persepsi masyarakat serta para paranormal terhadap peran dan hubungan pengobatan alternatif trsdisional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kirom, Nurilnurielqirom@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Mistis; puasa; al Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Kirom Nuril
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:22
Last Modified: 16 Aug 2018 04:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27265

Actions (login required)

View Item View Item