Pengaruh menarche terhadap aktivitas belajar PAI siswi SDN Wedi Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahdania, Lailatul (2018) Pengaruh menarche terhadap aktivitas belajar PAI siswi SDN Wedi Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Rahdania_D01214006.pdf

Download (15MB)

Abstract

Masa pubertas merupakan masa peralihan antara masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pubertas berakhir pada saat ovarium sudah berfungsi dengan matang dan teratur. Pada masa ini perempuan akan mengalami menarche atau menstruasi pertama kali dalam perjalanan hidupnya. Umumnya proses pematangan fisik lebih cepat dari pematangan psikososialnya. Karena itu seringkali terjadi ketidakseimbangan yang menyebabkan remaja sangat sensitif dan rawan terhadap stress. Kondisi yang terjadi saat menarche (haid) tersebut tentunya akan menjadi hambatan bagi remaja dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, terutama pada saat aktivitas belajar di sekolah. Bagi siswi yang mengalami menarche (haid), apabila mereka kurang bisa mengendalikan emosinya, maka tentunya akan menghambat proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh sekolah. Sehingga dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas perolehan pembelajaran siswa. Oleh karena itulah penulis melakukan penelitian tentang Pengaruh Menarche Terhadap Aktivitas Belajar Pai Siswi SDN Wedi Gedangan Sidoarjo. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang Bagaimana sikap siswi SDN Wedi saat mengalami menarche, Bagaimana aktivitas belajar PAI siswi SDN Wedi, serta Bagaimana pengaruh menarche terhadap aktivitas belajar PAI siswi SDN Wedi Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik statistik regresi linier sederhana dan uji signifikansi. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah 1) Interview, 2) Observasi, 3) Dokumentasi dan 4) Angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh menarche kurang baik. Hasil angket menunjukkan bahwa pengaruh menarche sebesar 34,1%. Sedangkan aktivitas belajar PAI siswi SDN Wedi Gedangan Sidoarjo tergolong baik, hal ini bisa dilihat dari angket menunjukkan sebesar 64,4%. Hasil lain menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pengaruh menarche terhadap aktivitas belajar PAI siswi. Dan kolerasi variabel pengaruh menarche terhadap aktivitas belajar PAI siswi SDN Wedi Gedangan Sidoarjo, diperoleh 55,4% dan sisanya 44,6% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti latar belakang siswi, keluarga, lingkungan masyarakat, dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahdania, Lailatullailatulrahdania@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Psikologi Belajar
Keywords: Menarche; Aktivitas belajar PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahdania Lailatul
Date Deposited: 13 Aug 2018 07:44
Last Modified: 13 Aug 2018 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27223

Actions (login required)

View Item View Item