Pengaruh pembiasaan shalat tahajud terhadap kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Manbaul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kiram, Muhammad Sirojuddin (2018) Pengaruh pembiasaan shalat tahajud terhadap kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Manbaul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Sirojuddin Kiram_D01214009.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Ibadah merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Allah SWT adalah eksistensi Yang Maha suci yang tidak dapat di dekati kecuali oleh orang yang suci. Diakui oleh para ulama dan para peneliti atau pakar, bahwa salah satu ibadah yang sangat penting dalam islam adalah shalat. Shalat memiliki kedudukan istimewa baik dilihat dari cara memperoleh perintahnya yang dilakukan secara langsung. Pada dasarnya manusia pada saat ini tidak cukup hanya memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional, maka harus dilengkapi dengan kecerdasan spiritual yang didapatkan dengan cara mendekatkan diri kepada allah SWT salah satunya dengan membiasakan diri beribadah kepada Allah SWT melalui Sholat Tahajud. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana pembiasaan shalat tahajud, bagaimana kecerdasan spiritual, serta bagaiamana pengaruh pembiasaan shalat tahajud terhadap kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Manbaul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik statistik regresi linier sederhana dan uji signifikansi. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah 1) Interview, 2) Observasi, 3) Dokumentasi dan 4) Angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembiasaan shalat Tahajud di Pondok Pesantren Manbaul Hikam cukup baik dalam sisi teknis pelaksanaannya dan implementasinya pada individu santri. Hasil angket menunjukkan bahwa pembiasaan Shalat Tahajud sebesar 47,6%. Sedangkan kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Manbaul Hikam Sidoarjo tergolong baik, hal ini bisa dilihat dari angket tentang kecerdasan spiritual santri pondok pesantren Manbaul Hikam sebesar 54,1%. Hasil lain menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pembiasaan shalat tahajud dengan kecerdasan spiritual santri. Dan kolerasi variabel pembiasaan shalat tahajud terhadap kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Manbaul Hikam Sidoarjo diperoleh 58% dan sisanya 42% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti latar belakang santri, keluarga, lingkungan masyarakat, dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kiram, Muhammad Sirojuddinm.sirojuddin.kiram@gmailUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Kecerdasan
Salat
Keywords: Shalat tahajud; Kecerdasan spiritual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kiram Muhammad Sirojuddin
Date Deposited: 13 Aug 2018 07:33
Last Modified: 13 Aug 2018 07:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27220

Actions (login required)

View Item View Item