تأثير مهنية المعلم نحو إنجاز تعلم اللغة العربية لطلاب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة الحكومية 2 سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hartatik, Siti Sri (2018) تأثير مهنية المعلم نحو إنجاز تعلم اللغة العربية لطلاب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة الحكومية 2 سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Sri Hartatik _D72214038.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemilihan judul tersebut dilatar belakangi oleh kurangnya profesionalisme guru dalam kegiatan belajar mengajar yang dapat mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab siswa. Diantara masalah-masalah yang menyebabkan kurangnya profesionalisme guru antara lain : minimnya tenaga pengajar dalam suatu lembaga pendidikan dapat memberikan celah kepada guru untuk mengajar tidak sesuai dengan keahliannya, keterbatasan pengetahuan guru dalam penyampaian materi baik dalam hal metode ataupun penunjang pokok pembelajaran. Oleh karena itu, di lembaga pendidikan membutuhkan guru yang profesional yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus, berpengalaman dalam mengajar sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan yang maksimal dan memiliki kompetensi sesuai kriteria guru profesional. Dari permasalahan tersebut peneliti mengadakan penelitian dengan rumusan sebagai berikut: (1) Bagaimana profesionalisme guru di MTSN 2 Sidoarjo? (2) bagaimana pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di MTSN 2 Sidoarjo? Untuk menjawab permasalahan tersebut metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi untuk mendapatkan data profesionalisme guru bahasa Arab kelas VII di MTSN 2 Sidoarjo dan angket untuk mendapat data tentang pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII di MTSN 2 Sidoarjo. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTSN 2 Sidoarjo. Hal ini bisa diketahui melalui prosentase antara profesionalisme guru yang dilihat dari hasil observasi, wawancara, angket yang mencapai 88% , sedangkan prestasi belajar siswa adalah 48% yang dikategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dibuktikan dengan teknik analisis korelasi product moment, diperoleh hasil r-hitung > r-tabel yaitu (0,6249>0,2787/0,2353).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hartatik, Siti Sritatiksyarma@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Belajar
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru, Prestasi belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hartatik Siti Sri
Date Deposited: 13 Aug 2018 02:50
Last Modified: 13 Aug 2018 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27209

Actions (login required)

View Item View Item