Peningkatkan keterampilan menulis kalimat perintah pada mata pelajaran bahasa inggris kelas v melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD di MI Annahdliyin Buduran Sidoarjo

Erlinanda, Argadia Fitria (2018) Peningkatkan keterampilan menulis kalimat perintah pada mata pelajaran bahasa inggris kelas v melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD di MI Annahdliyin Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Argadia Fitria Erlinanda_D77214060.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari adanya kesulitan yang dialami siswa kelas V MI Annahdliyin Buduran Sidoarjo dalam keterampilan menulis kalimat perintah sederhana Bahasa Inggris. Data yang didapatkan menunjukan dari 39 siswa, hanya terdapat 14 siswa yang mampu memperoleh nilai di atas KKM dan 25 siswa lainnya mendapatkan nilai di bawah KKM. Sehingga peneliti ingin memberikan solusi atas permasalahan ini melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran keterampilan menulis kalimat perintah sederhana materi Order and Request pada mata pelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas V MI Annahdliyin Buduran Sidoarjo?, (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis kalimat perintah sederhana materi Order and Request oleh siswa setelah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V MI Annahdliyin Buduran Sidoarjo?. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat perintah sederhana materi Order and Request. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan non-tes. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dan telah diterapkan dengan baik untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat perintah kalimat perintah sederhana siswa. Sebelum menggunakan strategi pembelajaran kooperatif, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 71,3 (cukup). Keterampilan menulis kalimat perintah sederhana siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 74,69 (cukup) meningkat menjadi 86,36 (baik) di siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 64,10% (cukup) pada siklus I menjadi 92,30% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 72,36 (cukup) di siklus I menjadi 92,19 (sangat baik) pada siklus II dan aktivitas guru meningkat dari 78% (cukup) di siklus I menjadi 91% (sangat baik) di siklus II.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rosyidi, Zudan
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Bahasa Inggris, Strategi STAD
Subjects: Bahasa Inggris
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erlinanda Argadia FÄ°tria
Date Deposited: 16 Aug 2018 08:05
Last Modified: 16 Aug 2018 08:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27207

Actions (login required)

View Item View Item