AL IKHTILATH AL SYAFIRAH FI RIWAYAH AYAT AL HUB LIHABIB AL RAHMAN AL SYAIRAZI : DIRASAH LUGHAWIYAH IJTIMAIYAH

Fadlillah, Nuning (2014) AL IKHTILATH AL SYAFIRAH FI RIWAYAH AYAT AL HUB LIHABIB AL RAHMAN AL SYAIRAZI : DIRASAH LUGHAWIYAH IJTIMAIYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Campur Kode dalam Novel “Ayat-ayat Cinta”

Sosiolinguistik merupakan ilmu yang berhubungan dengan masyarakat, yaitu tentang bahasa. Dalam ilmu SOsiolinguistik terdapat istilah campur kode, yaitu menyelipkan bahasa-bahasa lain ketika sedang berbicara dengan menggunakan bahasa tertentu. Macam-macam campur kode yaitu campur kode dari segi kata, frasa, baster, kata pepatah, dan klausa atau kalimat. Dalam skripsi ini peneliti memilih Novel Ayat-ayat Cinta sebagai obyek penelitian karena merupakan salah satu novel yang terdapat banyak campur kode di dalamnya. Novel ini ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia oleh Habiburrahman Elshirazy pada tahun 2004. Dalam novel ini menceritakan tentang mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Cairo, Mesir, yang berbaur dengan masyarakat Mesir maupun yang dari luar Mesir. Jadi, dalam novel ini banyak sekali campuran-campuran bahasa lain. Akan tetapi, campur kode yang dimaksud dalam penelitian ini hanya campur kode dari Bahasa Arab.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua yaitu apa saja bentuk-bentuk campur kode dalam Novel Ayat-ayat Cinta; dan apa saja fungsi campur kode dalam Novel Ayat-ayat Cinta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk campur kode beserta fungsi-fungsinya dalam Novel Ayat-ayat Cinta.
Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan data-data, yaitu metode dokumentasi yang berupa kamus dan buku-buku yang berhubungan dengan judul dalam penelitian ini.
Peneliti menyimpulkan bahwa dalam Novel Ayat-ayat Cinta terdapat enam puluh lima campur kode antara lain : campur kode dari segi kata, frasa, baster, ungkapan atau pepatah dan dari segi kalimat, kecuali campur kode dari segi pengulangan kata. dan fungsi-fungsi campur kode diantaranya untuk mempercepat maksud penutur, menyesuaikan topik pembicaraan, menunjukkan situasi emosional, dan untuk mengakrabkan antara penutur dan pendengar.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Asep Abas Abdullah
Uncontrolled Keywords: Novel; Ayat-ayat Cinta
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2015 07:40
Last Modified: 05 Feb 2015 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item View Item