Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika Berkarakter mengacu pada Teori Tazkiyatun Nafs

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Siti (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika Berkarakter mengacu pada Teori Tazkiyatun Nafs. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aisyah_D04213031.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa fakta yang memperlihatkan bahwa bangsa ini mengalami kemerosotan karakter atau biasa disebut dengan krisis moral. Oleh karea itu perlu adanya pendidikan yang berlandaskan karakter agar para peserta didik memiliki akhlak yang mulia. Pendidikan karakter saat ini sudah dicanangkan oleh Jokowi melalui program penguatan pendidikan karakter (PPK) yang ada didalam kurikulum 2013. Dan jauh sebelum program tersebut dibuat, para ulama telah memikirkan tentang pendidikan karakter ini yakni salah satunya dengan penyucian diri atau tazkiyatun nafs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan karena disini akan dikembangkan perangkat pembelajaran yakni RPP dan LKS. Nilai karakter yang akan dikembangkan dalam penelitian ini ada 4 yakni religious, jujur, mawas diri dan bertanggung jawab. Keempat karakter ini merupakan karakter yang ada di dalam program penguatan pendidikan karakter (PPK) dan dalam teori tazkiyatun nafs. Hasil dari penelitian ini didapatkan (a) kurikulum yang digunakan di MAN Surabaya yakni kurikulum 2013, (b) materi yang akan diterapkan dalam pembelajaran ini adalah barisan dan deret aritmatika, (c) menghasilkan tujuan pembelajaran (d) desain awal RPP dan LKS (Draft I). (e) hasil revisi validator (Draft II), dan (f) memperoleh data penelitian. Berdasarkan analisis data, hasil dari penelitian ini diperoleh : (1) nilai rata-rata total kevalidan RPP 4,07 dan LKS 3,75, (2) rata-rata persentase nilai kepraktisan sebesar 76,93% untuk LKS dan untuk kepraktisan RPP mendapat 4 poin setuju dan 6 poin sangat setuju, (3) rata-rata total penilaian keterlaksanaan sintaks sebesar 3,67 (4) persentase aktivitas aktif yaitu 92,29% dan aktivitas pasif adalah 7,71%. (5) rata-rata total penilaian karakter siswa adalah 3,49 (6) Rata-rata prosentase nilai respon siswa adalah 77,6%. Dari data-data tersebut sehingga perangkat pembelajaran ini dapat dikatakan sangat valid, praktis dan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Sitisitiaisyahh829@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Tazkiyatun nafs; Matematika berkarakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aisyah Siti
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:15
Last Modified: 13 Aug 2018 04:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27195

Actions (login required)

View Item View Item