Peningkatan pemahaman materi Lingkungan Alam dan Buatan melalui Model Course Review Horray siswa Kelas III MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Legiyawati, Ririn (2018) Peningkatan pemahaman materi Lingkungan Alam dan Buatan melalui Model Course Review Horray siswa Kelas III MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ririn Legiyawati_D07214015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan di MI Badrussalam Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pra siklus sebesar 69 dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 18 siswa dari 35 siswa. Hal tersebut di karenakan kurang antusiasnya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPS di kelas. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut guru bersama peneliti menerapkan model course review horray. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan model course review horray dalam meningkatkan pemahaman materi lingkungan alam dan buatan di kelas III MI Badrussalam Surabaya, 2) untuk mengetahui peningkatan pemahaman mata pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan dengan menggunakan model course review horray di kelas III MI Badrussalam Surabaya. Model penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian 35 siswa kelas III MI Badrussalam Surabaya tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis menggunakan butir soal uraian, multiple choice, observasi menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model course review horray terbilang mudah dalam meningkatkan pemahaman materi lingkungan alam dan buatan mata pelajaran IPS di kelas III MI Badrussalam Surabaya. Hal ini dilihat dari nilai observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus II yang sudah melebihi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 96 (sangat baik) untuk observasi aktivitas guru dan 92 (sangat baik) untuk observasi aktivitas siswa. Sedangkan skor yang diperoleh pada siklus I sebesar 85 (baik), dan 70 (cukup). 2) Peningkatan pemahaman peserta didik pada materi lingkungan alam dan buatan di kelas III MI Badrussalam Surabaya terbilang tinggi setelah menggunakan model course review horray. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata dan ketuntasan belajar peserta didik terutama pada siklus II sebesar 76 (tuntas) dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 86% (baik). Di bandingkan pada pra siklus mendapat nilai rata-rata sebesar 69 (kurang) dengan persentase 51% (kurang baik), dan pada siklus I sebesar 72 (cukup) dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 71% (cukup).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Legiyawati, Ririnrlegiyawati@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Model Course Review Horray
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Legiyawati Ririn
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:30
Last Modified: 13 Aug 2018 04:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27190

Actions (login required)

View Item View Item