Peningkatan pemahaman mata pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya indonesia melalui media POKARSO (pop up dan kartu soal) di kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya

Yani, Irma Rahma (2018) Peningkatan pemahaman mata pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya indonesia melalui media POKARSO (pop up dan kartu soal) di kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
IRMA RAHMA YANI_D77214033 .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa kelas IV di MI Muhammadiyah 23 Surabaya pada materi keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia yang dibuktikan melalui hasil pre tes dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 68,91.Berdasarkan hasil wawancara guru mata pelajaran IPS, diketahui bahwa salah satu faktor rendahnya pemahaman siswa disebabkan oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan media pop up dan kartu soal. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui penggunaan media pop up dan kartu soal pada materi keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia dan 2) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada materi keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia melalui media pop up dan kartu soal di kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya sebanyak 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menghasilkan: 1) Penggunaan media pop up dan kartu soal pada materi keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia di kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil aktivitas guru pada siklus I sebesar 68,05 dan meningkat pada siklus II menjadi 88,23. Sedangkan nilai pada aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 61,11 menjadi 93,05 pada sikus II. 2) Tingkat pemahaman siswa pada materi keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia melalui media pop up dan kartu soal di kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya mengalami peningkatan dari hasil nilai rata-rata pra siklus sebesar 68,91 menjadi 77,13 di siklus I dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 73,91% dan meningkat menjadi 84,69 di siklus II dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 86, 95%. Dari hasil yang telah diperoleh tersebut dapat dikategorikan sangat baik dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditentukan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Musthofa, M. Bahri
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Media, Pop up, Kartu soal
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yani Irma Rahma
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:17
Last Modified: 13 Aug 2018 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27186

Actions (login required)

View Item View Item