Pengaruh soft skill guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa di SMP Kyai Hasyim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawaddah, Nurul (2018) Pengaruh soft skill guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa di SMP Kyai Hasyim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Mawaddah _D91214116.pdf

Download (38MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana soft skills Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Kyai Hasyim Surabaya? (2) Bagaimana hasil belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kyai Hasyim Surabaya? (3) Bagaimana pengaruh soft skills Guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kyai Hasyim Surabaya? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan guru yang tidak memiliki soft skills yang baik dalam proses pembelajaran. Sehingga tidak jarang seorang guru masih menggunakan kekerasan verbal, menggunakan paksaan, hukuman yang tidak ada hubungan/korelasinya dengan tujuan pembelajaran, acu tak acuh terhadap siswa, proses pembelajaran yang monoton tanpa adanya variasi metode pembelajaan yang digunakan dan lain sebagainya. Hal inilah yang menyebabkan suasana belajar menjadi tidak nyaman, tidak kondusif dan kurang efektif, tentu hal ini akan sangat berpengaruh terhadap hasil dari pembelajaran dan juga hal ini menyebabkan siswa kurang menghormati guru. Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa di SMP Kyai Hasyim Surabaya sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Untuk analisis datanya menggunakan teknik prosentase dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus prosentase dan regresi linear sederhana, dapat disimpulkan bahwa (1) Prosentase soft skills guru PAI bernilai 87,1% termasuk dalam kategori cukup, (2) prosentase hasil belajar siswa SMP Kyai Hasyim Surabaya bernilai 78,6% termasuk dalam kategori cukup, (3) Dari hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh soft skills guru PAI terhadap hasil belajar siswa SMP Kyai Hasyim Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawaddah, Nurulmawnurul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Belajar
Uncontrolled Keywords: Soft Skills, guru pendidikan agama islam, hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mawaddah Nurul
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:01
Last Modified: 10 Aug 2018 08:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27185

Actions (login required)

View Item View Item