Pengorganisasian masyarakat dalam konservasi keanekaragaman hayati vegetasi sebagai upaya pelestarian alam: studi di Desa Petung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khurota'Ayun Ningtias, Beta Titis (2018) Pengorganisasian masyarakat dalam konservasi keanekaragaman hayati vegetasi sebagai upaya pelestarian alam: studi di Desa Petung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Beta Titis Khurota'ayun Ningtias_B92214050.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pendampingan ini menggambarkan penurunan keseimbangan vegetasi tutupan pada Lahan Pertanian. Pola penanaman pertanian yang dalam pengelolaan tanah atau tanaman selama ini masih belum sesuai dengan kondisi geografis di Desa Petung. Pola pertanian saat ini belum menggabungkan antara tanaman pepohonan atau tanaman tahunan dengan tanaman komoditas lain yang ditanaman secara bersamaan. Selain itu petani juga belum menanam tanaman penutup tanah sedang dan tinggi di sela-sela tanaman pokok. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode PAR (Participatory Action Research), secara aktif melibatkan masyarakat sebagai subyek penelitian. Dalam penelitian ini langkah-langkah dalam metode PAR yaitu, pemetaan awal, membangun hubungan kemanusiaan, penentuan agenda iset untuk perubahan sosial, merumuskan masalah, menyusun strategi pemberdayaan, memobilisasi sumber daya, pengorganisasian masyarakat, melancarkan aksi perubahan dan refleksi. Strategi program dengan melakukan pendidikan dan kampanye terhadap KWT Margo Ayem dan siswa kelas 5 SDN Petung 1. Pendidikan dan kampanye ibu-ibu bersama-sama melakukan pengamatan vegetasi, pembibitan vegetasi tutupan rendah yaitu kunyit, dan durian sebagai tanaman konservasi, pengamatan pertumbuhan dari pembibitan dan menginisiasi advokasi kebijakan pentingnya konservasi keanekaragaman hayati vegetasi tutupan lahan ke pemerintah desa. Konservasi vegetasi tersebut dilakukan dengan teknik vegetatif. Perubahan yang terjadi diantaranya, munculnya kesadaran ibu-ibu KWT akan pentingnya konservasi vegetasi tutupan lahan, bahaya erosi dan kepeduliaan untuk menjaga alam. Meningkatnya kapasitas KWT Margo Ayem dalam menghadapi dampak dari penurunan vegetasi tutupan lahan. Pemerintah desa memberikan respon positif dan menjadi terbuka akan isu konservasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khurota'Ayun Ningtias, Beta Titisbetatyas41@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian; Konservasi; Keanekaragaman Hayati; Vegetasi Tutupan Lahan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ningtias Beta Titis Khurota'ayun
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:35
Last Modified: 10 Aug 2018 08:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27177

Actions (login required)

View Item View Item