Persepsi masyarakat terhadap program Karma di ANTV: studi pada masyarakat Desa Bendunganjati Pacet Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiq, Ainur (2018) Persepsi masyarakat terhadap program Karma di ANTV: studi pada masyarakat Desa Bendunganjati Pacet Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ainur Rofiq_B06211043.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Dengan adanya Reality Show Karma di ANTV yang merupakan salah satu tayangan berperspektif realitas kehidupan namun tetap sarat akan informasi, akan sangat mempengaruhi persepsi masyarakat. Karena untuk bisa memenuhi kebutuhan seperti memperoleh informasi sekaligus hiburan, masyarakat desa yang notabenenya memiliki perekonomian menengah kebawah tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Dengan menyaksikan pilihan acara di televisi, salah satunya Reality Show Karma, masyarakat dapat memperoleh hiburan yang menarik, terjangkau, dan murah. Hal ini juga dapat dilakukan dengan santai sambil melakukan aktivitas lainnya di rumah. Penelitian ini digolongkan dalam deskriptif kualitatif, dalam menentukan sampel menggunakan Purposive Sampling. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Bendunganjati Pacet Mojokerto yang berusia antara 20 – 40 tahun, khususnya pemirsa yang suka melihat reality show Karma. Informan sebanyak 5 orang karena dinilai dapat memberikan kelengkapan dan kedalaman informasi yang sesuai dengan yang diperlukan bagi pemahaman masalahnya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara/interview mendalam. Validitas data menggunakan triangulasi data atau sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Interaktif, dimana melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan persepsi masyarakat dapat disimpulkan bahwa acara reality show Karma tersebut merupakan acara yang positif di mana terdapat banyak hal yang bisa di pelajari, mulai dari hal yang bersifat hiburan, informasi maupun pendidikan. Masyarakat merasa puas dengan adanya acara reality show Karma di ANTV karena mereka merasa acara saat ini yang ada di televisi kurang menarik. Hal terpenting dari acara reality show Karma di ANTV menurut masyarakat adalah segi hiburannya di mana semua responden merasa acara reality show Karma di ANTV merupakan acara yang dapat memenuhi kebutuhannya sebagai hiburan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiq, Ainurrofiqainur70@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Media Massa
Keywords: Persepsi; Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rofiq Ainur
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:40
Last Modified: 10 Aug 2018 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27163

Actions (login required)

View Item View Item