Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran fiqih materi rukun, wajib dan sunnah haji kelas V MI Tarbiyatul Atfhal Simongagrok Mojokerto

Fitriadi, Alif Bagus (2018) Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran fiqih materi rukun, wajib dan sunnah haji kelas V MI Tarbiyatul Atfhal Simongagrok Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Alif Bagus Fitriadi_D97214082.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berasal dari pemahaman siswa materi rukun wajib dan sunnah haji yang dilaksanakan di MI Tarbiyatul Atfhal Simongagrok Mojokerto pada kelas V belum sepenuhnya memahami tata cara haji khususnya rukun wajib dan sunnah haji beserta urutanya. Hal ini dikarenakan pembelajaran di kelas selama ini hanya menggunakan metode ceramah dan kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaranya tata cara. Sedangkan mata pelajaran Fiqih kelas V terdapat materi tentang rukun wajib dan sunnah haji.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Penerapan penggunaan media audio visual dengan menggunakan film pada mata pelajaran Fiqih tentang materi rukun wajib dan sunnah haji pada kelas V MI Tarbiyatul Atfhal Simongagrok Mojokerto, (2) Peningkatan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Fiqih materi rukun wajib dan sunnah haji dengan menggunakan media audio visual bagi siswa kelas V MI Tarbiyatul Atfhal Simongagrok Mojokerto?Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, penilaian performan dan dokumentasi.Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II (1) penerapan penggunaan media audio visual berjalan dengan baik melalui perbaikan pada refleksi di setiap siklus. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil peningkatan aktifitas guru dan aktifitas peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktifitas guru memperoleh 84 dengan kriteria baik , kemudian pada siklus II meningkat menjadi 95,45 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan aktifitas peserta didik pada siklus I memperoleh 80,6 dengan kriteria baik, dan siklus II meningkan menjadi 93 dengan kriteria sangat baik. (2) peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi rukun wajib dan sunnah haji mendapat nilai rata-rata hasil performan pada siklus I 76,41 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 87,16 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mendapat 70% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 91% dengan kriteria baik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Taufik, Taufik
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual; Fiqih Haji
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitriadi Alif Bagus
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:05
Last Modified: 10 Aug 2018 08:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27142

Actions (login required)

View Item View Item