Perilaku menyimpang anggota IKS.PI Kera Sakti dalam konteks etika Nicomachea Aristoteles: studi kasus Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawardi, Ah. Havidh (2018) Perilaku menyimpang anggota IKS.PI Kera Sakti dalam konteks etika Nicomachea Aristoteles: studi kasus Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ah. Havidh Mawardi_E01213002.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui berbagai macam perilaku menyimpang yang dilakukan anggota IKS.PI Kera Sakti dalam konteks Etika Necomachea yang digagas oleh Aristoteles. Sehingga permasalahan yang diangkat oleh peneliti adalah: Pertama: Bagaimana perilaku menyimpang anggota IKS.PI kera sakti di Desa Pucangro, Kalitengah, Lamongan, Kedua: Bagaimana Perilaku menyimpang anggota IKS.PI Kera Sakti di Desa Pucangro, Kalitengah, Lamongan dalam Konteks Etika Necomachea. Penelitian ini dikaji secara kualitatif yang mana peneliti mengambil data dari lapangan dan diterapkan dengan teori Etika Necomahea yang digagas oleh Aristoteles. Pada dasarnya perguruan pencak silat merupakan organisasi yang membentuk karakter manusia sebagai pendekar dan prajurit untuk meliundungi suatu bangsa dan negaranya oleh sebab itu para pendekar diasah dan diasuh melalui berbagai metode yang diajarkan oleh pelatih. Metode yang digunakan tidak lepas dari ajaran yang dibersifat bijak secara etika dan moral sehingga dalam penerapannya akan melahirkan manusia yang berbudi luhur dan berjiwa ksatria. Namun metode yang diajarkan tidak selalu dianut secara baik dan benar oleh individu atau kelompok sehingga hal ini menimbulkan perilaku yang menyimpang. Dalam perilaku menyimpang tersebut dikaji dengan teori Etika Necomachea yang digagas oleh Aristoteles. Dalam teori tersebut menekankan pentingnya membiasakan diri (Habit) dengan berbuat baik sesuai dengan ajaran yang bijak. Perilaku etis tersebut diterapkan guna mencapai tujuan hidup (eudaimonia) di kehidupan nyata, bila aturan yang ada dipahami dan dilakukan secara terbiasa (habit) akan menghasilkan perilaku yang bajik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawardi, Ah. Havidhah.havidh20@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Perilaku menyimpang; IKS.PI Kera Sakti; Etika Nicomachea
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mawardi Ah Havidh
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:44
Last Modified: 13 Aug 2018 04:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27134

Actions (login required)

View Item View Item