Hadith prediktif perang melawan bangsa ‘ajam yang bermata sipit sebagai tanda hari kiamat: kualitas dan pemaknaan ḥadith dalam kitab ṣaḥiḥ al-bukhari indeks 3590

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dliyauddin, Muhammad (2018) Hadith prediktif perang melawan bangsa ‘ajam yang bermata sipit sebagai tanda hari kiamat: kualitas dan pemaknaan ḥadith dalam kitab ṣaḥiḥ al-bukhari indeks 3590. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Dliyauddin_E83211113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sejatinya sudah sejak lama kiamat menjadi perbincangan di kalangan masyarakat, dalam agama apapun. Mereka mengilustrasikan tanda-tanda serta kejadian hari itu sesuai dengan keparcayaan masing-masing. Di samping itu, islam sebagai agama yang mewajibkan umatnya mengimani alam ghaib Melalui Rasulnya banyak sekali menginformasikan akan tanda-tanda serta kejadian hari kiamat itu sendiri. Hal ini menjadi pertanyaan besar, dan bagaimanakah pemaknaan Ḥadith tentang perang melawan Bangsa ‘Ajam yang bermata sipit sebagai tanda hari kiamat? Dan bagaimana kualitas Ḥadith tentang perang melawan Bangsa ‘Ajam yang bermata sipit sebagai tanda hari kiamat? Atas dasar inilah kemudian penulis terinspirasi untuk mencoba menggali makna terkadang dibalik teks-teks Ḥadith tersebut dengan menggunakan langkah metodologi ma’ani al-Ḥadith untuk mendapatkan pemahaman sesuai dengan apa yang dimaksud oleh nabi dan bisa diaktualisasikan dalam realitas kehidupan saat ini khususnya dalam konteks keindonesiaan. Maka perlu adanya penelitian terhadap masalah ini. Selanjutnya penelitian ini menggunakan ilmu ma’ani al-Ḥadith dan mengkorelasikannya dengan konteks kekinian, dengan demikian diharapkan dapat memperoleh pemahaman yang Ṣaliḥ Likulli Zaman wa Makan. Adapun penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sanad (kritik historis), dilanjutkan dengan penelitian matan (kritik eidetis) serta kajian terhadap hal-hal yang melatarbelakangi munculnya ḥadith tersbut. Kemudian langkah selanjutnya adalah menagkap makna universal dari ḥadith tersebut, dan terakhir mengkomunikasikan makna ḥadith dengan realitas saat ini. Penelitin ini menghasilkan kesimpulan bahwa makna kiamat pada ḥadith tersebut bisa langsung merujuk kepada kiamat besar, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga merujuk kepada kiamat kecil (sugra) yang mana bisa saja terjadi kapanpun. Oleh karena itu, jika tanda-tanda dalam ḥadith tersebut sudah terjadi, maka telah dekat hari kiamat yang kita yakini akan segera terjadi yang mengakhiri kehidupan di alam semesta ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dliyauddin, Muhammadmuhammaddliyauddin30@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Bermata sipit; perang
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Dliyauddin Muhammad
Date Deposited: 13 Aug 2018 03:28
Last Modified: 13 Aug 2018 03:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27132

Actions (login required)

View Item View Item