Pengaruh kegiatan ekstrakulikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) terhadap pembentukan akhlaq peserta didik di SMP Negeri 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaki, Muhammad Nur (2018) Pengaruh kegiatan ekstrakulikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) terhadap pembentukan akhlaq peserta didik di SMP Negeri 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nur Zaki_D01214017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada era modern ini, Banyaknya perilaku menyimpang di kalangan remaja yang disebabkan pengaruh buruk dari budaya-budaya asing yang masuk kedalam kehidupan masayarakat bangsa Indoensia,tanpa adanya penyaringan yang memadai, mana budaya yang baik dan mana yang buruk. Di Indoensia sekarang, proses pendidikan yang dilakukan belum sepenuhnya berhasil membangun masyarakat Indonesia yang berakhlak. Padahal tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik dan membentuk manusia yang berakhlak. Untuk itu, pengenalan budaya bangsa sendiri sangatlah penting bagi generasi penerus bangsa. Lewat kegiatan ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate yang di adakan di SMP Negeri 3 Surabaya, di harapakan mampu memberikan kontribusi yang baik bagi sekolah di dalam mewujudkan tujuan pendidikan, yakni mengembangkan potensi-potensi peserta didik dan membentuk manusia yang berakhlak. Adapun masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pola latihan ekstrakulikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate untuk pembentukan aklaq peserta didik di SMPN 3 Surabaya?, 2) Bagaimana pembentukan akhlaq peserta didik di SMP Negeri 3 Surabaya dalam kegiatan ekstrakulikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate, 3) Bagaimana pengaruh ekstrakulikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate untuk pembentukan aklaq peserta didik di SMPN 3 Surabaya?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik Regresi linier, menggunakan nilai signifikansi level sebesar 5 %. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, setelah dianalisis hasil menunjukkan bahwa : (1) tentang bagaimana pola latihan ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate untuk pembentukan akhlaq peserta didik di SMP Negeri 3 Surabaya tergolong “sangat baik” hal ini terbukti dengan prosentase siswa yang aktif dalam kegiatan tersebut yaitu 54% , (2) tentang pembentukan akhlaq peserta didik di SMP Negeri 3 Surabaya dalam kegiatan ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate tergolong “cukup baik”, karena prosentase yang diperoleh adalah 39%, (3) tentang pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate terhadap pembentukan peserta didik di SMP Negeri 3 Surabaya tergolong “cukup kuat”, sebagaimana prosentase yang diperoleh adalah 43.2%. Kata kunci: ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate, pembentukan akhlak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaki, Muhammad Nurmuhammadnurzakie22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pencak Silat
Uncontrolled Keywords: Ekstrakulikuler; Pencak silat; Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT); Pembentukan akhlaq
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zaki Muhammad Nur
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:57
Last Modified: 10 Aug 2018 03:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27131

Actions (login required)

View Item View Item