Studi analisis terhadap hadis tentang poligami no. indeks 2048 dalam kitab Musnad Ahmad

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Maslachatul (2018) Studi analisis terhadap hadis tentang poligami no. indeks 2048 dalam kitab Musnad Ahmad. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maslachatul Ummah_E03213052.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terdapat tiga rumusan masalah yang akan dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana kehujjahan hadis tentang poligami No. Indeks 2048 dalam kitab Musnad Ahmad?(2) Bagaimana pemaknaan hadis tentang poligami No. Indeks 2048 dalam kitab Musnad Ahmad? (3) Bagaimana Implikasi terhadap hadis poligami No. Indeks 2048 sesuai konteks saat ini?. Penelitian hadis yang terdapat dalam kitab Musnad Ah}mad No. Indeks 2048 diharapkan dapat memberikan suatu pemahaman yang dapat dijadikan sebagai rujukan dan menjawab permasalahan ini. Penelitian ini mengarah pada kualitas hadis serta pemaknaan hadis. Dalam pengumpulan data digunakan metode library research (kepustakaan) dan dalam mengkaji data menggunakan metode takhrij hadis, kesahihan sanad dan matan serta teori pemaknaan hadis. Penelitian hadis tentang poligami ini menghasilkan bahwa hadis tersebut berkualitas sahih li -dhatihi. Dan bisa dijadikan hujjah karena hadis ini termasuk hadis maqbulun wa ma’mulun karena telah memenuhi kriteria kesahihan dan kehujjahan hadis. Kesahihan Matan hadis tidak bertentangan dengan Al-Qur’an, dengan Hadis dan akal. Hadis tentang poligami no. Indeks 2048 dalam kitab Musnad Ahmad ini mengacu pada pemaknaan hadis: tentang aktharuha nisa’a, yaitu seorang yang mempunyai banyak istri. Pada masa itu dikatakan sebaik-baik umat yang mempunyai banyak istri adalah Nabi Muhammad SAW, dan sahabat. Sedangkan apabila dikaitkan dengan konteks saat ini maka dikatakan sebaik-baik umat yang paling banyak istrinya adalah umat Nabi Muhammad SAW. Dan implikasi masing-masing di antaranya poligami maksimal empat orang istri dan di dalam poligami ada hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh suami kepada istri yaitu mengumpuli dan menggiliri istri-istrinya dengan adil secara kasih sayang dan nafkah. Laki-laki memiliki hormon testosteron yaitu hormon seks steroid yang utama pada pria. Hormon ini diproduksi oleh gonald (sel leydig pada testis pria dan ovarium wanita), testosteron adalah hormon androgen yang dapat merangsang berkembangnya karakteristik pria. Dan hormon estrogen selain membentuk kriteria wanita, dapat memperpanjang umur pada pria dan wanita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Maslachatulummahm55@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Poligami
Tafsir > Tasfir Hadis
Tafsir
Indeks
Uncontrolled Keywords: Musnad Ahmad; Imam Ahmad ibn Hanbal; kehujjahan; hadis; poligami
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ummah Maslachatul
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:51
Last Modified: 10 Aug 2018 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27128

Actions (login required)

View Item View Item