Pre-service teachers' computer literacy skills on teaching practice 1 class in English teacher education department at UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozi, Fuad Habib Ar (2018) Pre-service teachers' computer literacy skills on teaching practice 1 class in English teacher education department at UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fuad Habib Ar Rozi_D95214082.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komputer adalah barang yang biasa digunakan oleh mahasiswa sekarang ini. mereka sering mengerjakan tugas dan ujian dengan komputer. Pada mata kuliah PPL 1 (Praktik Pengalaman Lapangan 1) dimana mahasiswa menjadi guru dan mengajar teman mereka didalam kelas. Mata kuliah ini mengharuskan mahasiswa untuk membuat RPP dan media pembelajaran. Mayoritas guru menggunakan multimedia presentasi sebagai media mereka atau hanya sebagai pendukung pembelajaran dikarenakan mudah dan cepat. untuk membuat multimedia presentasi, guru memerlukan kemampuan komputer literasi. ada tiga tingkatan dalam kemampuan komputer literasi berdasarkan ‘Maryland Technology Literacy Standards for Student', yaitu:dasar, menengah, ahli. Setiap tingkatan memiliki kriteria masing-masing. Peserta dalam penelitia ini adalah guru PPL 1 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tahun 2017/2018. Peneliti menggunakan dua instrumen penelitian, yaitu ceklis dan interview. Lalu, peneliti menggunakan metode deskripsi kualitatif untuk menuliskan hasilnya. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan koding. Hasil menunjukkan bahwa 62.20% dari kemampuan komputer literasi guru dalam membuat multimedia presentasi berada dalam level dasar. Sementara itu, 20% guru berada dalam level menengah dan sisanya 17.30% guru berada pada level ahli. Total ada sejumlah 45 guru mengikuti survei tersebut. Lalu, hasil dari interview dengan 20 guru menunjukkan bahwa kemampuan komputer literasi membantu guru dalam menjelaskan materi, membantu siswa yang mempunyai gaya belajar visual dan dapat membuat kelas menjadi terkontrol. Hal tersebut juga dapat membantu mereka memilih gambar yang tepat untuk presentasi dan meningkatkan kemampuan visual literasi guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozi, Fuad Habib Arfuadhabibarrozi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Teknologi
Uncontrolled Keywords: Computer literacy; teaching practice 1; multimedia presentation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rozi Fuad Habib Ar
Date Deposited: 15 Aug 2018 03:09
Last Modified: 15 Aug 2018 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27121

Actions (login required)

View Item View Item