Pesan dakwah dalam videoklip "palestine will be free" (analisis formal film)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahid, Mazidatun Ni'mah (2018) Pesan dakwah dalam videoklip "palestine will be free" (analisis formal film). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mazidatun Ni'mah Zahid_B91214077.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pesan Dakwah Dalam Videoklip “Palestine Will Be Free” (Analisis Formal Film)Manusia adalah makhluk sosial. Manusia membutuhkan komunikasi untuk kelangsungan hidupnya. Banyak media yang dapat menyalurkan komunikasi, salah satunya adalah videoklip. Merupakan suatu sarana medium ekspresi dan komunikasi. Videoklip sebagai media yang memiliki signifikan yang besar untuk memengaruhi publik melalui video yang menggambarkan isi lirik tersebut. Publik seakan menyaksikan langsung atau merasakan lirik dalam sebuah videoklip. Videoklip yang menjadi penelitian adalah videoklip Maher Zain yang berjudul palestine will be free yang di produksi oleh tim Awakening Records. Videoklip ini mengisahkan tentang kehidupan seorang anak yang berada dalam masa keperihatinan yakni peperangan yang terjadi di palestina. Yang memberikan beberapa pesan sesuai dengan materi dakwah yang ada.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang terdapat dalam videoklip palestine will be free. Dengan hal tersebut dapat memunculkan interpretasi, yang sesuai dengan analisis formal. Untuk itu penulis menggunkan teknik analisis formal dalam penelitian ini dengan metode feldmen. Feldmen meberikan gagasan bahwa Analaisis formal merupaka tahapan untuk menjelaskan objek yang ada dalam karya seni dengan dukungan beberapa data yang tampak secara visual.Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa pesan dakwah syari’ah islam yang disampaikan oleh komunikator kepada penonton. Syari’ah dalam islam berhubungan erat dengan perintah agama terhadap tuhan (Hablumminallah) dan terhadap manusia (hablumminannass). Dengan beberapa aturan yang terdapat dalam agama islam.Peneliti menerekomendasikan untuk penelitian selanjutnya, lebih fokus kepada syariah terhadap sesama manusia, dengan menggunakan analisis semiotik. Agar audience dapat melihat tanda pertanda dari videoklip itu sendiri.Keyword : videoklip, Maher zain, Palestine will be free, anilisis formal, materi dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahid, Mazidatun Ni'mahbyimazahid@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Kerukunan Beragama
Budaya
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah : videoklip
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zahid Mazidatun Ni'mah
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:24
Last Modified: 10 Aug 2018 06:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27116

Actions (login required)

View Item View Item