Laki-laki dan kesetaraan Gender: studi tentang gerakan dan pandangan laki-laki Feminis di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Misbach, Tiara Ratih (2018) Laki-laki dan kesetaraan Gender: studi tentang gerakan dan pandangan laki-laki Feminis di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiara Ratih Misbach_E02213045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua persoalan, yaitu: Pertama, bagaimana pandangan laki-laki feminis di Surabaya terhadap isu kesetaraan gender. Kedua, apa saja aktifitas serta peran laki-laki feminis di Surabaya dalam menghadapi problem-problem gender dalam kehidupan masyarakat Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan penelitian yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan fenomena yang terjadi pada lingkungan sekitar dan merupakan hasil dari pengalaman hidup seseorang. Penelitian ini menggunakan pendekatan feminisme. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Hal tersebut berdasarkan pada alasan, bahwa peneliti diarahkan untuk mendeskripsikan data-data yang terdapat pada lapangan. Metode ini menjadi langkah awal bagi penyusun untuk melihat, mengamati, dan menyelidiki fakta-fakta empiris yang terjadi, setelah penyusun melakukan wawancara dengan laki-laki yang bergerak aktif dalam isu kesetaraan gender dan feminisme serta orang-orang yang bergerak pada lembaga pemerintah serta organisasi kesetaraan gender dan feminisme. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling snowball dengan memanfaatkan jaringan antar narasumber baik secara langsung mapun tidak langsung melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menunjang data yang diperlukan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: Laki-laki yang mempunyai pengetahuan feminisme memandang bahwa isu kesetaraan gender bukan hanya masalah yang hanya melibatkan perempuan, tetapi isu ini merupakan isu global yang pada prakteknya diperlukan adanya dukungan oleh laki-laki karena kesetaraan mencakup hubungan antara kedua jenis kelamin yang berbeda. Dukungan oleh berbagai intansi pemerintah maupun lembaga organisasi yang memadai sangat mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesadaran gender dan feminisme dalam linkup laki-laki. Sehingga gerakan laki-laki yang sadar gender (laki-laki feminis) dapat lebih luas dan tidak hanya tersebar di ranah akademisi saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Misbach, Tiara Ratihtiara.misbach23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Bahan Pustaka
Emansipasi wanita
Gender
Islam dan Humanisme
Masyarakat
Masalah sosial
Perilaku
Wanita dalam Islam
Budaya
Hak Asasi Manusia
Uncontrolled Keywords: Gender; Feminisme; Laki-laki
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Misbach Tiara Ratih
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:15
Last Modified: 16 Aug 2018 03:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27112

Actions (login required)

View Item View Item