Kontribusi kegiatan Family Gathering terhadap pembinaan akhlak siswa di SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bakir, Achmad (2018) Kontribusi kegiatan Family Gathering terhadap pembinaan akhlak siswa di SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Bakir_D71214055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kontribusi Kegiatan Family Gathering Terhadap Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Progresif Bumi Shalawat, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya. Akhlak merupakan ukuran kemanusiaan yang hakiki dan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Dimana akhlak ini mempunyai peranan yang vital bagi kehidupan bermasyarakat. Krisis moral atau krisi akhlak merupakan fenomena yang tidak bisa terelakkan. Krisis pada saat ini yang semua berpangkal dari krisis akhlak nampak pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Berbagai fenomena dan gejala sosial seperti praktek sopan santun yang sudah mulai memudar, kasus-kasus kekerasan, geng motor, pornografi, tawuran, bentrok antar warga, dan ketidak jujuran yang tercermim dengan semakin meningkatnya korupsi yang seolah telah menjadi pemandangan sehari-hari dinegeri ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui kegiatan family gathering, (2) menjelaskan akhlak siswa yang melalui pembinaan ke arah yang lebih baik (3) menjelaskan kontribusi kegiatan family gathering terhadap akhlak siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun jumlah populasinya adalah 305 siswa kelas VIII SMP Progresif Bumi Shalawat. Sampel yang diambil adalah 15% dari populasi yaitu 46 siswa. Lokasi yang diteliti adalah SMAN 1 Gedangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data uji validitas menggunakan rumus Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) hasil kegiatan family gathering. ( 2 ) pembinaan akhlak siswa. (3) adanya kontribusi kegiatan family gathering terhadap pembinaan akhlak siswa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bakir, Achmadachmadbakir12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Kegiatan Family Gathering, Pembinaan Akhlak Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bakir Achmad
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:14
Last Modified: 10 Aug 2018 07:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27110

Actions (login required)

View Item View Item