Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah Raci Bangil Pasuruan Tahun 1981-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzia, Dian (2018) Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah Raci Bangil Pasuruan Tahun 1981-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Fauzia_A92214097.pdf

Download (1MB)

Abstract

Secara garis besar, fokus pembahasan yang ditulis di dalam skripsi ini meiputi: (1) Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Raci Bangil Pasuruan? (2) Bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Raci Bangil Pasuruan? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Raci Bangil Pasuruan? Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis perspektif diakronis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis yang berdimensi waktu). Sedangkan teori yang digunakan untuk mengnalisa adalah teori dari ilmu sosiologi, yaitu Social Institution (lembaga kemasyarakatan) dan Continuity and change (kesinambungan dan perubahan). Hasil dari penulisan skripsi ini menyimpulkan bahwa: (1) Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah berdiri pada tahun 1981 M di sekitar alun-alun Bangil dan berpindah pada ke desa Raci pada tahun 1985 sebagai upaya Habib Hasan Baharun untuk mencetak Da’i dan Da’iah (2) Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah telah mengalami perkembangan dari segi sarana prasarana, perkembangan kurikulum pendidikan serta program pengembangan pondok pesantren. (3) Faktor pendukung perkembangan pondok pesantren Darullughah Wadda’wah yaitu sistem pendidikan yang bagus, bahasa Arab sebagai bahasa wajib, badan usaha yang dimiliki, dukungan dari tokoh masyarakat dan ulama’, jaringan dengan Timur tengah dan Asia, kerjasama dengan berbagai universitas. Sedangkan faktor penghambat perkembangan pondok pesantren Darullughah Wadda’wah yaitu Tidak terkendalinya penerimaaan santri baru dan kurang mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzia, Dianfauziadian5@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah
Uncontrolled Keywords: Sejarah perkembangan Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fauzia Dian
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:16
Last Modified: 10 Aug 2018 03:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27106

Actions (login required)

View Item View Item