Demokrasi dalam surat Ali Imran ayat 159 perspektif Abdullah Saeed

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Surur, Muhammad Zukhrufus (2018) Demokrasi dalam surat Ali Imran ayat 159 perspektif Abdullah Saeed. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zukhrufus Surur_E03213064.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang interpretasi Abdullah Saeed atas teks-teks tentang etika-hukum dalam Alquran, salah satu di antaranya yang dipilih peneliti adalah tema mengenai politik, yakni syura (musyawarah). Interpretasi yang dilakukan menggunakan pendekatan kontekstual dalam menafsirkan ayat Alquran. Penafsiran kontekstual atas Alquran merupakan sebuah pendekatan yang memperhitungkan konteks sosio-historis Arab abad ke-7, begitu juga dengan konteks kontemporer umat Islam saat ini. Tradisi pengkajian Alquran pra-modern umumnya memiliki perhatian yang sangat berbeda dalam hal pemahamannya mengenai syura (musyawarah) dan mengkaji bagaimana syura dikonseptualisasikan dengan membandingkannya dengan masa modern. Oleh karena itu, umat Islam saat ini secara signifikan telah beranjak dari pemahaman pra-modern dan sekarang memperluas maknanya dengan masukkan pandangan kontemporer mengenai demokrasi dan pemerintahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana dalam penyajiannya menggunakan teknik deksriptif-analisis. Penelitian ini berobjek pada ayat 159 surat Ali Imran dan teori penafsiran secara kontekstualis yang digunakan Abdullah Saeed dalam menafsirkan Alquran sebagai pendekatannya. Pengumupulan data dilakukan dengan teknik library research (riset kepustakaan) yakni berupa buku tafsir, buku karya Abdullah Saeed dan nuku-buku yang memiliki korelasi dengan penelitian ini. Pada kesimpulannya penelitian ini, 1) Saeed mencoba menafsirkan ulang atas konsep syura sebagai konsep yang mirip dengan demokrasi maupun lembaga demokrasi, 2) menafsirkan ulang konsep syura dalam konteks sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang baru, dengan menyoroti ciri kontekstual penafsiran Alquran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Surur, Muhammad Zukhrufusm.zukhrufussurur@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemikiran
Tafsir
Demokrasi
Keywords: Syura; kontekstual; Abdullah Saeed
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Surur Muhammad Zukhrufus
Date Deposited: 10 Aug 2018 09:03
Last Modified: 10 Aug 2018 09:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27097

Actions (login required)

View Item View Item