Mitos memakan ikan lele di Desa Medang Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan: kajian mitos dalam perspektif Roland Barthes

Lusi, Tri Wahyuni (2018) Mitos memakan ikan lele di Desa Medang Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan: kajian mitos dalam perspektif Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lusi Tri Wahyuni_E01214008.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Larangan memakan ikan lele bagi warga Lamongan memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, khususnya di Desa Medang. Pantangan memakan dan memelihara memang benar terjadi di Desa Medang, masyarakat sangat sensitif jika berkaitan dengan ikan lele. Rumor yang berkembang, apabila ada yang memakan ikan lele maka akan mengalami rasa gatal atau penyakit kulit seperti kulit belang-belang, meskipun kejadian tersebut dialami oleh masyarakat luar Desa Medang. Dalam arti yang mendapatkan suami atau istri dari Desa Medang. Sampai saat ini mitos tersebut masih sangat kuat diyakini oleh masyarakat Desa Medang dan ada ritual khusus yang dilakukan yaitu ziarah tiap hari Jumat Ponke makam Mbah Boyopati dari berbagai daerah. Dalam studi ini maka penulis ini menelaah lebih jauh dengan menggunakan perspektif Roland Barthes. metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif untuk mengungkap mitos ikan lele di Desa Medang. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan mitos sebagai semiologi, yaitu penanda menujukkan rasa gatal atau mengalami kulit belang-belang sebagai bentuk setelah mengkonsumsi ikan lele, konsepnya agar masyarakat menjauhi ikan lele dan tandanya ialah ikan lele tersebut.Kesimpulan dari uraian diatas mengatakan bahwa makna mitos bagi masyarakat Desa Medang adalah ingin menghargai jasa Mbah Boyopati, dengan tidak memakan ikan lele. Larangan memakan atau memelihara didukung beberapa faktor yaitu, sejarah Mbah Boyopati, adanya makam Mbah Boyopati di Desa Medang, dan ritual yang dilakukan tiap hari Jumat Pon.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muktafi, Muktafi
Uncontrolled Keywords: Mitos; ikan lele; Roland Barthes
Subjects: Filsafat
Masyarakat
Adat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Wahyuni Lusi Tri
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:07
Last Modified: 10 Aug 2018 07:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27093

Actions (login required)

View Item View Item