Peran Habib Jamal dalam menumbuhkan jiwa Islami komunitas Aremania melalui majelis ar Ridwan (2009-2018)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aryanto, Rivky Dwi Putra (2018) Peran Habib Jamal dalam menumbuhkan jiwa Islami komunitas Aremania melalui majelis ar Ridwan (2009-2018). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rivky Dwi Putra Aryanto_A92214111.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Peran Habib Jamal dalam Menumbuhkan Jiwa Islami Komunitas Aremania melalui Majelis Ar Ridwan. Adapun masalah yang akan dibahas pada skripsi ini sebagai berikut: 1). Bagaimana Biografi Habib Jamal? 2). Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Majelis Ar Ridwan (2009-2018)? 3). Bagaimana usaha Habib Jamal dalam Menumbuhkan Jiwa Islami Komunitas Aremania? Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode sejarah. Metode ini menggunakan empat tahap penelitian yaitu, Heuristik (Pengumpulan sumber), Verifikasi (Kritik Sumber), Interpretasi (Penafsiran Sumber), dan Historiografi (Penulisan Sejarah). Penelitian ini menggunakan pendekatan historis. Dengan pendekatan historis maka penulis bisa menjelaskan latar belakang sejarah kehidupan Habib Achmad Jamal bin Thoha Ba’agil dan peranan nya dalam menumbuhkan jiwa Islami komunitas Aremania melalui Majelis Ar Ridwan.. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori peranan dan teori kepemimpinan. Dengan kedua teori ini penulis berharap akan dapat menjelaskan bahwa Habib Jamal memiliki fungsi dan peran yang dominan dalam menumbuhkan jiwa Islami komunitas Aremania. Dari penelitian yang dilakukan, dapat penulis simpulkan bahwa: 1) Habib Jamal merupakan pendiri Majelis Ar Ridwan. Habib Jamal lahir di Malang pada Senin 17 Februari 1977. 2) Majelis Ar Ridwan berdiri pada 2009 yang bertempat di masjid Al Huda Malang. Berawal ketika 2009 ketika Habib Jamal dan Habib Abdul Qadir berjumpa kembali saat berkunjung kembali di Darul Mushtofa pimpinan Habib Umar bin Hafidz Tarim Hadramaut, Yaman. Pada pertengahan 2010 jamaah dari hampir memenuhi ruangan masjid. Sehingga jamaah meminta agar majelis tersebut diadakan keliling di wilayah sekitar Malang Raya. Majelis Ar Ridwan menjadi wadah masyarakat muslim bersholawat dan menuntut ilmu dalam rangkaian safari Maulid. 3) Adapun strategi pembinaan yang dilakukan oleh Habib Jamal dalam menumbuhkan jiwa islami komunitas Aremania bisa diklasifikasikan menjadi tiga macam. Pertama, melalui dakwah atau ceramah agama. Kedua, melakukan pengkaderan kepada komunitas aremania. Ketiga, melakukan dialog dengan anggota dan tokoh-tokoh Aremania.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aryanto, Rivky Dwi Putrarivkydpa@gamil.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Organisasi Masyarakat
Pemikiran
Uncontrolled Keywords: Peran Habib Jamal; menumbuhkan jiwa Islami; komunitas Aremania; majelis ar Ridwan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rivky Dwi Putra Aryanto
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:19
Last Modified: 10 Aug 2018 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27086

Actions (login required)

View Item View Item