Kasus penistaan/penodaan agama di Indonesia perspektif elit Muhammadiyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Milada Romadhoni (2018) Kasus penistaan/penodaan agama di Indonesia perspektif elit Muhammadiyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Milada Romadhoni Ahmad_E94213150.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kasus penistaan/penodaan agama perspektif elit Muhammadiyah Surabaya. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan data penelitan lapangan sebagai sumber utama penelitian ini. Sedangkan teori yang dipaki adalah teori konstruksi sossial Peter L. Berger dan Thomas Luckman, ditambah dengan teori elit yang dipelopori oleh ilmuan khususnya Vilfredo Pareto, Gaitano Mosca, Roberto Michels dan Jose Ortega Y. Gasset. Mereka semua yang percaya bahwa setiap masyarakat akan selalu diperintah oleh sekelompok kecil orang yang mempunyai kualitas-kualitas khusus yaitu kelompok elit. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, dari proses dialektika konstruksi sosial, telah didapatkan varian konstruksi tentang kasus penistaan/penodaan agama di Indonesia, perspektif elit Muhammadiyah Surabaya. Berbagai variasi konstruksi tersebut sangat bisa terkait karena adanya dinamika paham keagamaan dalam Muhammadiyah. Antara lain: 1) Dalam memahami ajaran Islam. 2) Dalam memahami cita-cita K.H.A. Dahlan pada konteks kekinian, dan. 3) Dalam memahami relasi agama dan sosio-politik di Indonesia. Dari ketiga pokok pemahaman agama tersebut sehingga menjadi dasar adanya pola pemaknaan setiap elit Muhammadiyah Surabaya. Kedua, dalam memahami realitas sosial, kelompok elit adalah pemeran penting dalam menentukan konstruksi dan pendefinisaian situasi dalam masyarakat luas, termasuk dalam pendefinisian kasus penistaan/penodaan agama di Indonesia, yang juga menuai pro dan kontra dalam elit Muhammadiyah Surabaya. Ketiga, terdapat suatu kumpulan makna (dunia inter-subjektif) terhadap kasus penistaan/penodaan agama yang dihuni dan difahami elit-elit Muhammadiyah Surabaya, makna-makna tersebut secara umum adalah meliputi masalah etika sosial dan politik identitas di Indonesia .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Milada Romadhonimilada.ra@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Sosial, Elit, Penistaan/Penodaan Agama, Muhammadiyah Surabaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Ahmad Milada Romadhoni
Date Deposited: 13 Aug 2018 03:51
Last Modified: 13 Aug 2018 03:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27075

Actions (login required)

View Item View Item