Dampak bencana lumpur lapindo terhadap persyarikatan Muhammadiyah cabang Porong tahun 2006-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilahi, Farid Kurnia (2018) Dampak bencana lumpur lapindo terhadap persyarikatan Muhammadiyah cabang Porong tahun 2006-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Farid Kurnia Ilahi_A72214060.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peneliti memberikan batasan permasalahan pada hal yaitu: (1). Bagaimana sejarah munculnya bencana Lumpur Lapindo ? (2). Bagaimana Sejarah Dan Perkembangan Muhammadiyah Cabang Porong? (3). Bagaimana situasi dan kondisi Muhammadiyah cabang Porong pasca bencana Lumpur Lapindo?. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan historis dengan pendekatan ilmu Sosiologi. Selain itu penulis menggunakan teori social-institution (lembaga kemasyarakatan) dan teori Continuity and Change (kesinambungan dan perubahan). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pada hari Senin 29 Mei 2006, semburan ini menengelam beberapa desa ditiga Kecamatan. (2). Muhammadiyah Porong berawal sekitar tahun 1940an yang dipelopori oleh K.H. Turhan Badri, Perkembangan Muhammadiyah cabang Porong terus mengalami peningkatan akan tetapi setelah tragedi Lumpur tahun 2006 perkembangan Muhammadiyah porong mengalami penurunan. (3). Dampak amal usaha yang dikelola oleh Muhammadiyah Cabang Porong mengalami penurunan pindahnya perguruan Muhammadiyah dari desa Mindi ke desa Lajuk kecamatan Porong pada tahun 2015, serta banyak dari warga Muhammadiyah yang pindah tempat tinggal karena rumah yang sudah terendam lumpur yang otomatis juga berimbas pada pengaruh terhadap sosial kemasyarakatan dan dakwah Muhammadiyah di Porong. Muhammadiyah memberikan dukungan bantuan berupa kesehatan dengan mengahadirkan tenaga media dari RS Siti Khadijah Sepanjang, dan bantuan pembagian sembako bekerja sama dengan Pimpinan-pimpinan Muhammadiyah di seluruh Daerah Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilahi, Farid Kurniaputat1102putat@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bencana alam
Muhammadiyah
Uncontrolled Keywords: Bencana alam; Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ilahi Farid Kurnia
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:22
Last Modified: 10 Aug 2018 06:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27074

Actions (login required)

View Item View Item