Pengaruh israiliyat dalam penafsiran surat al-Tin ayat pertama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rezki, Valeria (2018) Pengaruh israiliyat dalam penafsiran surat al-Tin ayat pertama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Valeria Rezki_E03213090.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Apa sja yang melatar belakangi munculnya kisah Israiliyat di dalam surat At-Tin ayat pertama? 2) Bagaimana pendapat ulama mengenai kisah Israiliyat yang terkandung didalam Al-Qur’an khususnya di dalam Surat At-Tin ayat pertama? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna sesungguhnya yang terkandung dalam surat At-Tin ayat pertama dan mengetahui kisah-kisah Israiliyat apa saja yang mempengaruhi pemaknaan dan penafsiran kata Tin dan Zaitun dalamsurat At-Tin ayat pertama. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan (library researching) yang lagkah-langahnya melalui penggalian dan penelusuran terhadap kitab-kitab,buku-buku dan catatan-catatan yang berhubungan dengan penelitian ini. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan bentuk kualitatif yaitu untuk memperoleh data mengenai kerangka ideologis, epistomologis, dan asumsi-asumsi metodologis pendekatan terhadap kajian tafsir dengan cara menelusuri literatur yang terkait secara langsung. Penelitian ini juga menggunakan metode tahlili dalam menafsirkan al-Qur’an, serta ditambahi munasabah dalam mendalami penafsirannya. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa Israiliyat merupakan sebuah konsekuensi logis dari setiap akulturasi budaya antara budaya Arab dengan budaya kaum Yahudi. Dampaknya ialah dapat merusak kaidah Muslim, merusak cita Islam, menghilangkan kepercayaan kepada ulama salaf baik di kalangan sahabat maupun tabi’in, dan dapat memalingkan manusia dari maksud yang terkandung dakam ayat-ayat Al-Qur’an. Salah satunya yang terdapat dalam surat At-Tin ayat pertama yang mana Israiliyat telah berpengaruh dalam penafsiran sesungguhnya dari Surat At-Tin tersebut. Banyak pemaknaan lain tanpa dasar yang tepat yang turut merancukan Arti sesungguhnya dari kata Tin dan Zaitun yang tergolong dalam spesies buah.Kata Kunci : Kemandirian Siswa, Full Day School

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rezki, Valeriavalerezki@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Uncontrolled Keywords: israiliyat, tin, zaitun
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rezki Valeria
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:15
Last Modified: 10 Aug 2018 03:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27051

Actions (login required)

View Item View Item