Studi tentang tradisi pernikahan masyarakat Islam di Desa Keboananom Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianto, Mauluddin (2018) Studi tentang tradisi pernikahan masyarakat Islam di Desa Keboananom Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mauluddin Yulianto_E02214009.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas mengenai studi tentang tradisi pernikahan masyarakat Islam yang ada di desa Keboananom Gedangan Sidoarjo. Adapun tujuan penelitian ini, pertama, untuk mengetahui deskripsi tentang tradisi pernikahan masyarakat Islam yang ada di desa Keboananom Gedangan Sidoarjo. Kedua, adalah untuk mengetahui makna dari tradisi pernikahan masyarakat Islam yang ada di desa Keboananom Gedangan Sidoarjo. Selama ini belum ada pemelitian yang dilakukan terhadap tradisi pernikahan masyarakat Islam yang ada di desa Keboananom Sidoarjo, dimana diharapkan dengan diadakannya penelitian ini dapat menambah khasanah keilmuan juga pengetahuan. Untuk penelitian ini dalam penelitiannya menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan antropologis, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Dari penelitian ini penulis menemukan temuan bahwa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Islam desa Keboananom Sidoarjo dalam hal pernikahan berdasarkan penelitian ialah merupakan suatu hal penting yang tidak bisa ditinggalkan, dan ketika tradisi itu tidak dilakukan atau digunakan, menurut masyarakat desa Keboananom seperti ada yang kurang, sehingga diperoleh kesimpulan mengenai tradisi pernikahan yang dilakukan masyarakat Islam didesa keboananom Gedangan Sidoarjo sampai saat ini masih terus dilakukan dan dijalankan, dimana dalam tradisi tersebut ternyata ada hubungannya dengan kekuatan ghaib dimana ketika ada masyarakat desa yang tidak melakukan tradisi tersebut dalam pernikahan yang dilakukan, maka akan ada suatu hal yang terjadi terhadap salah satu dari pengantin tersebut yakni akan magalami linglung, yakni berkelakuan aneh seperti orang gila

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianto, Mauluddinsantrimauluddin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat Islam
Nikah
Tradisi Islam
Uncontrolled Keywords: Tradisi; pernikahan; masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Yulianto Mauluddin
Date Deposited: 14 Aug 2018 08:22
Last Modified: 14 Aug 2018 08:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27047

Actions (login required)

View Item View Item