Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Saleh Ritual Saleh Sosial karya K.H. A. Mustofa Bisri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusuma, Muhammad Aris (2018) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Saleh Ritual Saleh Sosial karya K.H. A. Mustofa Bisri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Aris Kusuma_D71213121.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Buku Saleh Ritual Saleh Sosial, merupakan Buku yang dikarang oleh K.H. A. Mustofa Bisri. Buku ini menceritakan tentang gambaran kehidupan masyarakat di era sekarang. Kultur dongeng dalam masyarakat yang telah sirnah, dihadirkan kembali dengan gaya penulisan ala GusMus. Ritual bukan hanya sebuah rutinitas semata tetapi adalah kondisi dimana jiwa bisa mengerti dan tahu dirinya sendiri kemudian Tuhanya. Masyarakat yang semakin kehilangan rasa peduli, dan simpati kepada sesamanya. Fokus dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Saleh Ritual Saleh Sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu mencari; 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam buku Saleh Ritual Saleh Sosial Karya K.H. A. Mustofa Bisri, dan 2) Apa Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Saleh Ritual Saleh Sosial karya K.H. A. Mustofa Bisri. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk; 1) Mendeskripsikan dan memahami nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Saleh Ritual Saleh Sosial karya K.H. A. Mustofa Bisri, dan 2) Menjelaskan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Saleh Sosial Saleh Ritual karya K.H. A. Mustofa Bisri. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. edangkan untuk pendekatanya, penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik yang secara gampangnya berarti menafsirkan. Analisis ini juga menggunakan teori Relevansi dari Dan Sperber dan Deirde Wilson sebagai pisau analisa guna mencari kecocokan konsep. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku ini Saleh Ritual Saleh Sosial karya K.H. A. Mustofa Bisri yaitu: 1) Akhlak kepada Allah dapat dilihat dari kisah-kisah klasik dengan contoh ulama maupun analogi GusMus, 2) Akhlak kepada diri sendiri dengan ditanamkan melalui bimbingan kesadaran, 3) Akhlak kepada sesama yang ditanamkan melalui bimbingan kesadaran bahwa potensi diri tidak untuk diri sendiri melainkan untuk orang lain pula, dan 4) Akhlak kepada alam dapat ditanamkan melalui bimbingan kesadaran tentang penciptaan makhluk dan peran manusia sebagai khalifah. Sedangkan relevansinya terhadap pendidikan akhlak dewasa ini terletak pada tokoh-tokoh dan kesadaran diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusuma, Muhammad Arisariskusuma456@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan
Pendidikan Islam
Buku > Buku bacaan -- Buku terpilih
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; akhlak; buku Saleh Ritual Saleh Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kusuma M. Aris
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:33
Last Modified: 15 Aug 2018 07:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27045

Actions (login required)

View Item View Item