Peningkatan perekonomian jamaah yasin tahlil embung rejo dalam pengolahan talas di Desa Terbis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Ulfa, Dzawil 'Ulya (2018) Peningkatan perekonomian jamaah yasin tahlil embung rejo dalam pengolahan talas di Desa Terbis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dzawil 'Ulya 'Ulfa_B72214027.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada kelompok ibu-ibu jamaah yasin dan tahlil yang berada di Desa Terbis untuk peningkatan perekonomian melalui pengelolahan aset alam yang mereka miliki. Hal ini dilakukan karena melihat aset alam yang melimpah di wilayah tersebut salah satunya yaitu tanaman talas. Dengan cara menyadarkan ibu-ibu jamaah yasin dan tahlil mengenai aset-aset alam yang berada di lingkungan sekitar mereka, selain itu mengetahui keterampilan-keterampilan yang mereka miliki. Dalam Pendampingan ini pendamping menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development). Yang menitik beratkan pada potensi atau asset yang dimiliki oleh masyarakat, baik aset SDM (Sumber Daya Manusia) maupun SDA (Sumber Daya Alam). Hal tersebut digunakan untuk mengetahui keinginan masyarakat sendiri untuk dapat mengubah kehidupannya agar menjadi lebih baik, dengan cara memanfaatkan potensi alam yang berada di lingkungannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yang dilakukan secara partisipatif. Teori ini menggunakan teori ekonomi kreatif yang dikemukakan John Howkins, sebuah kegiatan ekonomi input dan output yang berupa kreatifitas masyarakat (gagasan orisinil). Hasil dari dampingan ini yaitu ibu-ibu jamaah yasin dan tahlil Embung Rejo dapat meningkatkan perekonomiannya melalui pengolahan talas yang dijadikan tepung talas. Selain itu tepung talas yang sudah jadi dapat diolah kembali menjadi makanan ringan yang dapat bernilai ekonomi, sehingga ibu-ibu jamaah yasin tahlil dapat memperoleh pendaptan dari hasil pemasaran atau penjualan produk-produk yang telah dibuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Ulfa, Dzawil 'Ulyadzawilulfa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Wirausaha
Uncontrolled Keywords: Ibu-ibu Jamaah Yasin Tahlil Embung Rejo, Peningkatan Perekonomian, Pengelolahan Ubi Talas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: 'Ulfa Dzawil 'Ulya
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:16
Last Modified: 10 Aug 2018 02:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27035

Actions (login required)

View Item View Item