الأفعال الكلامية في فيلم وجدة لهيفاء المنصور :بحث تداولي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muchammad, Irfan (2018) الأفعال الكلامية في فيلم وجدة لهيفاء المنصور :بحث تداولي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Irfan_A91214098.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada bentuk tindak tutur yang dituturkan oleh tokoh-tokoh dalam film Wadjda karya Haifaa Al-Manshour. Untuk memahami dialog atau percakapan dalam sebuah cerita diperlukan suatu pendekatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan analisis pragmatik. Pragmatik adalah studi bahasa yang mengkaji hubungan antara bahasa dengan konteksnya yang merupakan dasar dari penentuan pemahamannya. Atau dengan kata lain, pragmatik adalah studi tentang maksud yang dituturkan oleh penutur dan ditafsirkan oleh pendengar. Terkadang penutur menyampaikan maksudnya melalui tuturan supaya pendengar atau lawan tutur melakukan tindakan sesuai apa yang dimaksud oleh penutur. Tindakan yang ditampilkan lewat tuturan disebut dengan tindak tutur. Dalam kajian pragmatik, tindak tutur dikategaorikan menjadi 3 yaitu, tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk tindak tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi yang dituturkan oleh para tokoh di film Wadjda. Fokus penelitian ini adalah bagaimana bentuk tindak tutur dalam film Wadjda? dan apa maksud dari penggunaan tindak Lokusi tersebut?. Adapun pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Dengan demikian peneliti mendapatkan hasil bahwa dalam film Wadjda terdapat 49 bentuk tindak tutur yang dibagi menjadi tiga jenis yaitu Lokusi berjumlah 23 tuturan, Ilokusi berjumlah 16 tuturan, dan Perlokusi berjumlah 10 tuturan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muchammad, Irfanmuchirfan1996@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Film
Uncontrolled Keywords: Pragmatik; Tindak Tutur; Lokusi; Ilokusi; Perlokusi; Film Wadjda
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Irfan Muchammad
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:08
Last Modified: 10 Aug 2018 03:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27034

Actions (login required)

View Item View Item