Studi Upacara Larung Sungai pada masyarakat Islam di Karang Pilang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuroidha, Iva (2018) Studi Upacara Larung Sungai pada masyarakat Islam di Karang Pilang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iva Yuroidha_E72214027.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian saya di lapangan tentang “Studi Upacara Larung Sungai Pada Masyarakat Islam di Karang Pilang Surabaya”. Penelitian ini menjelaskan tentang budaya Larung Sungai yang sudah turun temurun oleh masyarakat bantaran sungai Surabaya, yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali di barengi dengan hari Habitat Internasional. Budaya Larung dimaksudkan untuk menjaga kebersihan sungai, menjaga lingkungan sesuai konsep jogo kali, dan membuang sangkal (penyakit) atau balak, supaya warga bantaran sungai terhindar dari bencana. Budaya Upacara ini sangat berbeda dengan budaya lain, dimana pelaksanaan dilakukan di desa. Namun pelaksanaan Upacara Larung Sungai ini ada di tengah kota Surabaya, yang masih melakukan budaya seperti itu. Dalam proses pelaksanaan tradisi Upacara Larung Sungai warga menyiapkan sebuah tumpeng besar yang tingginya dua meter dengan lebar satu meter serta lauk dan pelengkapnya. Pendekatan penelitian yang di gunakan adalah kualitatif, yakni penelitian lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Dalam penelitian menggunakan teori simbol yang di gagas oleh Clifford Geertz, dalam teorinya menjelaskan bahwa makna berasal dari kebudayaan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri dan berasal dari penafsiran-penafsiran yang di lakukan oleh manusia. Dalam pelaksanaan Upacara Larung Sungai di dalamnya terdapat simbol-simbol yang memiliki makna, sehingga masyarakat Islam memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai Upacara Larung Sungai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuroidha, IvaIvayuraidha28@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Budaya - Agama
Keywords: Upacara; Tradisi; Budaya Jawa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Yuroidha Iva
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:58
Last Modified: 10 Aug 2018 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27032

Actions (login required)

View Item View Item