Sejarah perkembangan Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid Waru di Sidoarjo (1991-2017)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maf'ulah, Hidayatul (2018) Sejarah perkembangan Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid Waru di Sidoarjo (1991-2017). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hidayatul Maf'ulah_A02214005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Yayasan Pesantren Yatim Sosial AtTauhid Waru di Sidoarjo tahun 1991-2017 M”, Peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana sejarah berdirinya Yayasan Pesantren Yatim Sosial AtTauhid Waru di Sidoarjo? (2). Bagaimana perkembangan Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid Waru di Sidoarjo pada tahun 1991-2017 ? (3). Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid Waru di Sidoarjo?. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis perspektif diakronis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis dalam dimensi waktu). Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori dari ilmu sosiologi, yaitu. Dudung Abdurrahman (Social Institution) dan Sarjono Soekanto (Peranan). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid berdiri pada tahun 1991 M di Wilayah Jln. Brigjend Katamso 47 Kepuhkiriman Waru Sidoarjoini berawal dari sebuah program santunan yang diadakan oleh pengurus GP Ansor Anak Cabang Waru periode 1990-1994 M. (2) Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid mengalami perkembangan dari segi program pendirian pesantren di dalamnya yakni pada tahun 2010, sarana dan prasarana yang dulunya tidak memiliki gedung untuk asrama sekarang sudah punya gedung asrama santri, beserta jumlah perkembangan santri dan perkembangan pola pendidikan pesantren di dalamnya. (3) faktor pendukung dan penghambat Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid terbagi dalam dua faktor, yakni faktor internal yang berasal dari dalam Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid dan faktor eksternal yang berasal dari luar Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid. Faktor pendukung Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai, mendapat dukungan yang positif dari anggota GP Ansor, jumlah pengurus yang banyak, keunggulan pembelajaran dan ekstrakulikuler, adanya interaksi antara guru dan murid yang baik dan lain sebaginya. Sedangkan, faktor penghambat Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid yaitu sarana dan prasarana yang tidak terjaga, kurang cepat dalam mengambil keputusan dalam rapat Yayasan, banyaknya masyarakat yang masih menilai negatif terhadap Yayasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maf'ulah, Hidayatulhidayatul060996@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Panti Asuhan
Pesantren
Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Maf'ulah Hidayatul
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:34
Last Modified: 10 Aug 2018 02:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27031

Actions (login required)

View Item View Item