Efektivitas peran guru akidah akhlak dalam pembentukan perilaku sopan santun siswa di Madrasah Tsanawiyah Ihyaul Ulum Manyar Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nashrullah, Muhammad Iqbal (2018) Efektivitas peran guru akidah akhlak dalam pembentukan perilaku sopan santun siswa di Madrasah Tsanawiyah Ihyaul Ulum Manyar Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Iqbal Nashrullah_D01214016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu mengenai tentang bagaimana peran guru akidah akhlak dalam membentuk perilaku sopan santun siswa di MTs Ihyaul Ulum Manyar lamongan karena pada lembaga tersebut masih banyak siswa yang tidak bisa berbahasa dan berperilaku sopan santun yang baik, dan juga benar. Dari permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini akan dikaji tentang (1) Bagaimana Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Perilaku Sopan Santun Siswa Di mts Ihyaul Ulum Manyar Lamongan, (2) Bagaimana Perilaku Sopan Santun Siswa Di mts Ihyaul Uum Manyar Lamongan, (3) Bagaimana Efektivitas Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Perilaku Sopan Santun Siswa Di mts Ihyaul Ulum Manyar Lamongan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Ihyaul Ulum Manyar Lamongan yang berjumlah 231 siswa, kemudian di ambil sampel kelas VII A dan VIII A MTs Ihyaul Ulum Manyar Lamongan yang berjumlah 46 dan kesemuanya menjadi responden. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini didapatkan (1) Peran guru akidah akhlak dalam membentuk perilaku sopan santun siswa yaitu guru akidah akhlak sebagai pembimbing, pelatih, contoh/teladan, Pembina’an, penasihat, motivator, pengelola kelas, dan pengajaran yang baik, dan dari hasil prosentase niliai diatas rata rata sebesar 65,21% dalam katagori (Baik). (2) perilaku sopan santun siswa di dapatkan dari observasi dan wawancara yaitu dengan teguran dan pembiasaan dari guru siswa dapat berperilaku dan berbahasa sopan santun dengan baik. hasil prosentase nilai diatas rata rata sebesar 60,86% dalam katagori (Baik). (3) Efektivitas peran guru akidah akhak dalam membentuk perilaku sopan santun siswa didapatkan dari hasil analisis Uji T (SPSS) diperoleh hasil dari table paired sampel statistic terdapat perbedaan antara data pre test dan post test (42,3043 - 65,0652) kemudian Dari table correlations terdapat korelasi 0,319 (sedang) antara pre test dan post test, dari table paired sample t test didapatkan nilai sig= 0,000 < 0,005 artinya selisih rata rata berbeda, dan Hasil perhitungan manual didapatkan thit = 37,63 > ttable 0,05;45 = 2,014 sehingga dapat dikatakan menolak H0 dan menerima Ha: yang menyatakan peran guru akidah akhlak efektif dalam Membentuk perilaku sopan santun siswa di Madrasah Tsanawiyah Ihyaul Ulum Manyar Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nashrullah, Muhammad IqbalSukaiqbal@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Guru
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Akidah Akhlak : Perilaku Sopan Santun
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nashrullah Muhammad Iqbal
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:56
Last Modified: 10 Aug 2018 01:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27020

Actions (login required)

View Item View Item