Sistem pendukung keputusan pemilihan pasangan hidup perspektif Islam nusantara menggunakan metode fuzzy inference system

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Lutfiana (2018) Sistem pendukung keputusan pemilihan pasangan hidup perspektif Islam nusantara menggunakan metode fuzzy inference system. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lutfiana Fatmawati_H06214003.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pernikahan dalam Islam merupakan sunnah Rasul, maka dari itu sebagai muslim perlu “meniru” sunnah Rasul tersebut. Pernikahan juga merupakan ibadah, karena dari pernikahan tersebut sempurnalah separuh dari agamanya. Untuk memilih pasangan hidup sesuai Perspektif Islam Nusantara, peneliti mengacu pada hadis riwayat Imam Buhkori dan Imam Muslim yang menjelaskan bahwa seorang wanita dinikahi karena 4 perkara yaitu karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Dari hadis tersebut, 4 perkara yang telah disebutkan dijadikan sebagai paramete. Dalam menentukan parameter, peneliti melakukan studi literatur dan wawancara dari beberapa pakar Islam Nusantara. Dalam parameter tersebut masing-masing memiliki sub parameter yang mencerminkan Islam Nusantara, pada parameter agama memiliki 9 sub parameter, parameter keturunan memiliki 5 sub parameter, parameter kekayaan memiliki 4 sub parameter, parameter paras memiliki 3 sub parameter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fuzzy Inference System. Fuzzy Inference System memiliki 4 proses diantaranya adalah fuzzyfikasi, inference system, defuzzyfikasi, dan rule base. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah keputusan, yang dimana terdapat 4 kriteria keputusan yaitu Sangat direkomendasikan, Direkomendasikan, Tidak Direkomendasikan, dan Sangat Direkomendasikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, Lutfianalutfianaf13@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Hadis
Teknologi > Teknologi Informasi
Uncontrolled Keywords: Pasangan hidup; perspektif Islam nusantara; metode fuzzy inference system
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Fatmawati Lutfiana
Date Deposited: 21 Aug 2018 07:53
Last Modified: 21 Aug 2018 07:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27018

Actions (login required)

View Item View Item