Ahmad Wahib: biografi dan pemikirannya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermanto, Hermanto (2018) Ahmad Wahib: biografi dan pemikirannya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hermanto_A02213035.pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul “Ahmad Wahib, Biorgrafi dan Pemikirannya”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang, 1. Bagaimana Biografi Ahmad Wahib?, 2. Bagaimana latar belakang pemikiran Ahmad Wahib?, 3. Bagaimana respon dan reaksi terhadap pemikiran Ahmad Wahib?. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interprestasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan Intelektual, untuk mengungkapkan pemikiran Wahib yang bebas. Sedangkan teori yang digunakan penelitian ini adalah teori Muhammad Iqbal Eksistensialisme Teistik. Teori ini menjelaskan eksistensi dari pemikiran manusia itu sendiri dengan konsep ego. Manusia merupakan kesatuan jiwa yang disebut dengan diri. Sedangkan identitas manusia ada pada individualitas yang mempunyai kesadaran dan kebebasan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa; 1. Ahmad Wahib lahir di Smpang-Madura pada 1942, kemudian meninggal pada 1973. Ahmad Wahib meninggal dalam usia muda, peristiwa tragis menimpanya tertabrak sepeda motor. Keluarga Wahib merupakan keluarga yang taat beribadah, ayah Wahib seorang bindara dan ibunya keturunan dari ulama di Madura. 2. Ahmad Wahib merupakan seorang pembaharu pemikir Islam, pemikiran Wahib banyak dipengaruhi oleh kondisi sosial. Seperti lingkungan keluarga, masyarakat dan semasa beliau menimba ilmu. Percikan-percikan pemikiran Wahib cenderung bersifat bebas. Wahib mempertanyakan segala sesuatu, seperti masalah teologi, keyakinan beragama bahkan konsep tentang Islam. 3. Pemikiran Ahmad Wahib mengandung respon dan reaksi dari beberapa kalangan, seperti positif dan negatif setelah catatan hariannya dikumpulkan menjadi sebuah buku dengan judul “Pergolakan Pemikiran Islam”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermanto, Hermantohermantores77@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Ulama
Uncontrolled Keywords: Ahmad Wahib; Biografi; Pemikiran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:46
Last Modified: 10 Aug 2018 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27012

Actions (login required)

View Item View Item